PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PEMBELAJARAN TARI BADUI UNTUK SISWA SMP DI KABUPATEN SLEMAN

Puspita Melati, Pipit (2015) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS KOMPUTER PEMBELAJARAN TARI BADUI UNTUK SISWA SMP DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI UTUH.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif pembelajaran tari Badui yang tervalidasi oleh ahli materi dan ahli media serta layak dipergunakan untuk pembelajaran tari pada tingkat SMP di Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development(R&D) suatu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifannya. Langkah-langkah dalam penelitian pengembangan ini yaitu: (1) Pengumpulan Data dan Informasi, (2) Perencanaan Pengembangan Produk, (3) Pengumpulan Bahan, (4) Pengembangan Produk, (5) Uji Coba Produk, (6) Revisi Produk, (7) Uji Coba Lapangan, dan (8) Produk Jadi. Subjek penelitian ini adalah 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, 5 orang untuk uji coba terbatas, dan 25 siswa untuk uji coba lapangan. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa kuesioner untuk ahli materi, ahli media, dan siswa calon pengguna. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah teknik statistik deskriptif. Skor hasil penelitian dikonversikan ke dalam skala 100, media dianggap layak apabila skor rata-rata yang diperoleh dari ahli materi, ahli media dan siswa pengguna ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan dihasilkannya produk multimedia interaktif pembelajaran tari Badui untuk siswa di tingkat SMP yang dikemas dalam bentuk DVD dengan menggunakan software utama, yaitu Autoplay Media Studio 8. Hasil uji coba produk pada ahli materi, ahli media, uji coba pada kelompok terbatas, dan uji coba lapangan menghasilkan skor sebagai berikut. Dari ahli materi diperoleh skor 95,15, ahli media diperoleh skor 91,25, uji coba kelompok terbatas diperoleh skor rata-rata 80,09, dan pada uji coba lapangan diperoleh skor rata-rata 82,22, pada skor standar seratus. Berdasarkan kriteria kelayakan yang sudah ditentukan, yaitu skor ≥75, dapat disimpulkan bahwa produk multimedia interaktif berbasis komputer pembelajaran tari Badui ini layak dipergunakan untuk pembelajaran tari Badui bagi siswa SMP di Kabupaten Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif berbasis komputer, siswa SMP, tari Badui, pembelajaran seni tari
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Tari
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Tari FBS
Date Deposited: 15 May 2015 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 22:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18620

Actions (login required)

View Item View Item