MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMBANGKUNING 1 WINDUSARI

Sabariyah, - (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI LUAS BANGUN RUANG MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BANGUN RUANG PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI KEMBANGKUNING 1 WINDUSARI. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (86kB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan media dalam pembelajaran matematika siswa kelas VI SD Negeri Kembangkuning 1 Windusari. Penelitian termasuk Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Kembang Kuning I pahun pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 17 siswa siswa putra dan 15 siswa putri, seorang guru kelas, dan seorang observer. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Data yang diperoleh berupa hasil tes dan hasil observasi sebagai data pendukung. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan deskripsi kualitatif untuk menggambarkan hasil observasi dan deskriptif kuantitatif untuk menggambarkan persentase hasil tes pada masing-masing siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan alat peraga bangun ruang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran Matematika siswa kelas VI SD Negeri Kembangkuning 1 Windusari. Hasil tes kemampuan awal menunukkan bahwa dari 32 siswa kelas VI hanya 10 siswa yang sudah dapat dinyatakan tuntas dalam belajar dengan mendapatkan nilai ≥ 75, sedangkan 22 siswa dinyatakan belum tuntas belajar dengan nilai ≤ 75 dengan nilai rata-rata 60,47. Dari hasil tersebut berarti belum sesuai dengan target yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan belajar adalah 75%. Hasil tes siklus I menunukkan bahwa dari 32 siswa kelas VI hanya 27 siswa yang sudah dapat dinyatakan tuntas dalam belajar dengan mendapatkan nilai ≥ 75, sedangkan 5 siswa dinyatakan belum tuntas belajar dengan nilai ≤ 75 dengan nilai rata-rata 78,54. Dari hasil tersebut berarti sudah sesuai dengan target yang ditetapkan oleh peneliti dengan ketuntasan belajar adalah 75%. Kata kunci: hasil belajar, volume bangun ruang

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 29 Jan 2019 22:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18618

Actions (login required)

View Item View Item