Yuliyanti, Shofia Eka (2014) PERANCANGAN MEDIA PROMOSI TOTEBAG LUKIS DE’GUSKA TIRTONIRMOLO KASIHAN - BANTUL Shofia Eka Yuliyanti. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Shofia Eka Yulianti 07206241007.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Perancangan media promosi Totebag Lukis de‟Guska bertujuan untuk menciptakan perancangan media promosi yang efektif, efisien, menarik, komunikatif, mudah dimengerti, dan tepat sasaran. Manfaat dari perancangan media promosi ini adalah memberikan informasi pada konsumen dan diharapkan dapat meningkatkan nilai jual produk Totebag Lukis de‟Guska. Perancangan desain media promosi ini melalui beberapa tahapan utama yaitu tahapan pra produksi yang meliputi kegiatan pengumpulan data verbal dan data visual dengan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengumpulan data dari berbagai sumber, yang kemudian dianalisis menggunakan prinsip 9P (Planning, People, Product, Price, Place, Promotion, Partner, Presentation, Passion) untuk mendapatkan konsep desain yang tepat sasaran, efektif, dan menarik. Proses produksi meliputi tahap pembuatan layout, yaitu rough layout (layout kasar), comprehensive layout (layout komprehensif), dan complete layout (layout lengkap) menggunakan metode pengerjaan secara manual (sketsa), perangkat hardware dan software komputer serta kamera digital. Hasil dari perancangan media promosi ini berupa media utama (prime media) dan media pendukung (supporting media), media utama yaitu billboard karena media ini sangat efektif dalam menjangkau audiences secara umum. Media pendukung yang dibuat berjumlah delapan desain berupa way finding (papan penunjuk arah), neon box, X-Banner, paper bag (tas kertas), kartu nama, katalog, nota dan brosur. Untuk membedakan Totebag Lukis de‟Guska dengan perusahaan-perusahaan kompetitornya yang lain digunakan sistem identitas berupa logo gram yang berasal dari deformasi bentuk tengkorak. Konsep dari perancangan media promosi untuk Totebag Lukis de‟Guska ini adalah menggunakan gaya desain modern, menggunakan teknik fotografi, mengolah foto dan huruf, menciptakan kesan modern, simpel dan mudah dipahami. Desain media promosi ini dirancang dengan tidak terlalu banyak menaruh elemen teks dan tulisan, namun hanya menonjolkan merk logo dan gambar model yang membawa dua buah tas sebagai produk dari usaha Totebag Lukis de‟Guska, untuk memberikan kesan yang lebih simple dan tidak terlalu mencolok akan tetapi enak dilihat juga dapat menarik perhatian konsumen.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perancangan media promosi, Totebag Lukis de’Guska |
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Rupa |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Rupa FBS |
Date Deposited: | 13 May 2015 07:22 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:20 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18615 |
Actions (login required)
View Item |