Evaluasi Pelaksanaan Program Pelatihan Wajib Latih dan Gladi Lapang Bagi Masyarakat Kawasan Rawan Bencana Merapi (Studi Kasus di Desa Argomulyo Cangkringan Sleman

Renatama, Puri Bhakti (2015) Evaluasi Pelaksanaan Program Pelatihan Wajib Latih dan Gladi Lapang Bagi Masyarakat Kawasan Rawan Bencana Merapi (Studi Kasus di Desa Argomulyo Cangkringan Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-puri-bhakti-renatama-13704251009.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) perencanaan pelatihan wajib latih dan gladi lapang bagi masyarakat; (2) pelaksanaan pelatihan wajib latih dan gladi lapang bagi masyarakat; (3) hasil pelatihan wajib latih dan gladi lapang bagi masyarakat di Desa Argomulyo Cangkringan Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan evaluasi program model CIPP (Context, Input, Process, Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen, serta dianalisis berdasarkan model analisa interaktif yang dikembangkan oleh (Milles & Huberman, 2007) yang meliputi reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Guna diperoleh keabsahan data dilakukan trianggulasi, diskusi dengan ahli dan perpanjangan pengamatan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut; (1) perencanaan program pelatihan wajib dan gladi lapang merupakan hasil identifikasi BPBD Sleman dan kebutuhan masyarakat kawasan rawan bencana Merapi. (2) pelaksanaan program pelatihan wajib latih dan gladi lapang ini berjalan dengan baik dan melibatkan narasumber yang memiliki kompetensi dibidangnya serta motivasi dan antusias peserta yang cukup tinggi. (3) hasil pelaksanaan program pelatihan wajib latih dan gladi lapang ditunjukkan dengan perubahan sikap peserta yang meliputi kemampuan konseptual, teknis, dan sosial. Dampak dari program ini menunjukkan dampak positif yaitu peserta dapat melakukan tindakan pengurangan risiko secara mandiri dan berkelompok, memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki untuk menerapkan rencana kesiapsiagaan di lingkungan tempat tinggalnya.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi program pelatihan, kawasan rawan bencana Merapi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 09 May 2019 02:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18602

Actions (login required)

View Item View Item