Efektivitas Pengelolaan Manajemen Unit Produksi/ Jasa Sebagai Sumber Belajar Dan Pendanaan Pendidikan Pada SMK Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta

Sari, Revina anggun (2015) Efektivitas Pengelolaan Manajemen Unit Produksi/ Jasa Sebagai Sumber Belajar Dan Pendanaan Pendidikan Pada SMK Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-revina anggun sari-12702251006.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiefektivitaspenggunaan unit produksi/jasa (UP/J)sebagai sumber belajar dan sumber pendanaanpendidikan di sekolah yang terdiridariperencanaan, pelaksanaandanpengawasan UP/J padaSMK diDaerah Istimewa Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitiandeskriptifdenganpendekatankuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh SMK yang memiliki unit produksi bidangtataboga, tatabusana, tatariasdankecantikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlahpopulasipenelitian yaitu 15 UP/J. Lima belas SMK dipilihsebagaisampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, dokumentasi dan wawancara tidak terstruktur. Angket digunakan untuk memperolehdata dariguru tentang perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan unit produksisebagai sumber belajar. Angket juga digunakan untuk memperoleh data dari pengelolatentang perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan unit produksi sebagai sumber pendanaan sekolah. Dokumentasi digunakan untukmelengkapi data yang telahdiperolehmelaluiangket. Sedangkan wawancara tidak terstruktur digunakan untuk memperoleh data dari siswa mengenaikondisitempatpraktik UP/J siswa.Analisis data menggunakanteknikanalisisdeskriptif kuantatif dengan menggunakan software Microsoft Excel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan unit produksiefektifsebagaisumberbelajar. (2) Pelaksanaan yang dilakukan di unit produksitidakefektifsebagaisumberbelajar. (3) Pengawasaan yang dilakukan di unit produksitidakefektif sebagai sumber belajar.(4) Perencanaan unit produksiefektifsebagaisumberpendanaan sekolah. (5) Pelaksanaan yang dilakukan di unit produksitidakefektifsebagaisumberpendanaan sekolah. (6) Pengawasaan yang dilakukan di unit produksitidakefektifsebagai sumber pendanaansekolah.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: unit produksi,sumber belajar,sumber pendanaan sekolah,perencanaan, pelaksanaan, pengawasan
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 12 Sep 2022 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18591

Actions (login required)

View Item View Item