Model Pembelajaran Karakter Pelaut pada Perguruan Tinggi Kepelautan

Pratama, Wegig (2015) Model Pembelajaran Karakter Pelaut pada Perguruan Tinggi Kepelautan. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-wegig-pratama-11702261008.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan: (1) deskripsi tentang nilai-nilai karakter pelaut yang sudah dikembangkan pada taruna di Pertikepel, (2) deskripsi tentang nilai-nilai karakter pelaut yang menjadi tuntutan industri pelayaran internasional, dan (3) model pembelajaran karakter pelaut yang efektif untuk diterapkan pada taruna di Pertikepel. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang mengacu pada model research & development Richey dan Klein (2009). Tahapan penelitian meliputi dua langkah utama, yakni: pengembangan model dan validasi model. Pada tahap pengembangan model, dilakukan needs assessment yang dilanjutkan studi lapangan untuk mendukung dan melengkapi data pembuatan draft model. Tahap ini dilakukan dengan metode survey. Tahap validasi model meliputi validasi internal dan validasi eksternal. Validasi model internal menggunakan metode Focus Group Discussion (FGD) dan expert review, sedangkan untuk validasi model eksternal`1 menggunakan metode quasi experimental dengan one group pretest posttest design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan refleksi diri, selanjutnya teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan analisis kontens. Subjek uji coba adalah taruna Prodi Teknika jenjang program D-III, AMY dan STIMART-AMNI Semarang angkatan Tahun Akademik 2013/2014. Hasil penelitian sebagai berikut: (1) nilai karakter pelaut yang sudah dikembangkan pada taruna Pertikepel adalah nilai karakter pelaut disiplin; (2) nilai-nilai karakter pelaut yang seharusnya dikembangkan pada taruna Pertikepel adalah tanggung jawab/responsibility, kepercayaan diri, etos kerja, pemecahan masalah/problem solving, dan kerjasama/cooperativeness; (3) model pembelajaran yang efektif adalah model Co-Prol. Keefektifan model Co-Prol dilihat dari perkembangan trend peningkatan nilai karakter taruna per-minggunya selama satu semester (16 minggu). Hasilnya adalah: (a) nilai karakter tanggung jawab meningkat dari belum terlihat (pretest=1,24) menuju membudaya penuh (posttest=3,99); (b) nilai karakter kepercayaan diri meningkat dari belum terlihat (pretest=1,05) berkembang menuju membudaya (posttest 3,59); (c) nilai karakter etos kerja meningkat dari belum terlihat (pretest=1,09) menuju membudaya (posttest 3,94); (d) nilai karakter pemecahan masalah meningkat dari belum terlihat (pretest=1,02) berkembang menuju membudaya (posttest 3,68); dan (e) nilai karakter kerjasama meningkat dari belum terlihat (pretest=1,12) berkembang menuju membudaya (posttest 3,49). Hasil ini didukung oleh refleksi diri taruna yang menunjukkan bahwa hasil implementasi nilai target pendidikan karakter pelaut linier terhadap hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh observer

Item Type: Thesis (S3)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 26 Apr 2022 03:36
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18587

Actions (login required)

View Item View Item