PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPS BENTUK MAJALAH DENGAN MATERI INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP

Isnaini, Eri (2014) PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR IPS BENTUK MAJALAH DENGAN MATERI INTERAKSI MANUSIA DAN LINGKUNGAN UNTUK SISWA KELAS VII SMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 10416241032.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 10416241032.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I 10416241032.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II 10416241032.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III 10416241032.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV 10416241032.pdf

Download (978kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V 10416241032.pdf

Download (193kB) | Preview
[img] Text
Lampiran 10416241032.pdf

Download (8kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan sumber belajar IPS bentuk majalah dengan materi Interaksi Manusia dan Lingkungan untuk siswa kelas VII SMP; 2) mengetahui kelayakan sumber belajar bentuk majalah berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru, dan tanggapan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian pengembangan ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu tahap pengumpulan data, perencanaan, pengembangan, validasi, dan uji coba penggunaan sumber belajar. Pada tahap validasi, pertama, sumber belajar bentuk majalah divalidasi oleh ahli materi dan ahli media, kemudian dilakukan revisi I. Kedua dilakukan validasi oleh dua Guru IPS kemudian dilakukan revisi II. Hasil revisi II digunakan untuk uji coba penggunaan terhadap 32 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Wates. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah instrumen berbentuk angket. Data hasil validasi kemudian dikonversikan dengan skala Likert sehingga didapatkan kategori kelayakan sumber belajar bentuk majalah. Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan produk sumber belajar bentuk majalah untuk mata pelajaran IPS (Sociamagz) dengan materi Interaksi Manusia dan Lingkungan. Sociamagz layak untuk digunakan sebagai sumber belajar IPS dengan kategori Baik. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil validasi ahli materi dengan skor 4,1 atau kategori Baik; validasi ahli media dengan skor 3,77 atau kategori Baik; penilaian oleh Guru IPS dengan skor 4,1 atau kategori Baik; dan tanggapan siswa dengan skor 4,02 atau kategori Baik. Kata kunci: sumber belajar, majalah, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 13 May 2015 03:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18586

Actions (login required)

View Item View Item