PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DAN PEER LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 3 KLATEN

RAHMAN, AWALIA (2014) PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN GUIDED NOTE TAKING DAN PEER LESSON TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VIII SMP NEGERI 3 KLATEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
Halaman Depan 10416244004.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak 10416244004.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1 10416244004.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2 10416244004.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3 10416244004.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4 10416244004.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5 10416244004.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 10416244004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 3 Klaten masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Hal tersebut berdampak pada kurang maksimalnya pencapaian hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan metode pembelajaran Guided Note Taking dan Peer Lesson terhadap hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan desain Pretest-Postest, Nonequivalent Multiple-Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2. Pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan observasi. Pengujian prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji homogenitas, sedangkan pengujian hipotesis dilakukan dengan independent sample t-tes (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan pada kelas yang menggunakan metode Guided Note Taking, rata-rata hasil belajar (post test) sebesar 80,28. Pada kelas yang menggunakan metode Peer Lesson, rata-rata hasil belajar (post test) sebesar 75,81. Berdasarkan rata-rata hasil belajar (post test) kedua kelas, menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar pada kelas yang menggunakan metode Guided Note Taking lebih tinggi dibandingkan rata-rata hasil belajar pada kelas yang menggunakan metode Peer Lesson. Perbedaan hasil belajar yang signifikan ditunjukkan dari hasil uji-t yang diperoleh P (0,004) < 0,05 dan nilai thitung = 2,974 > ttabel = 1,994 dengan taraf signifikasi 5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang memakai metode pembelajaran Guided Note Taking dan kelas yang memakai metode pembelajaran Peer Lesson terhadap hasil belajar IPS kelas VIII SMP Negeri 3 Klaten. Kata Kunci: Metode Guided Note Taking, Metode Peer Lesson, Hasil Belajar, IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 13 May 2015 03:27
Last Modified: 29 Jan 2019 22:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18579

Actions (login required)

View Item View Item