Interpersonal Relationship antara Guru Kewirausahaan dan Siswa di SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis & Manajemen di Kabupaten Klaten

Lestari, Fitri Puji (2015) Interpersonal Relationship antara Guru Kewirausahaan dan Siswa di SMK Negeri Bidang Keahlian Bisnis & Manajemen di Kabupaten Klaten. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitri-puji-lestari-12702251007.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) interpersonal relationship antara guru kewirausahaan dan siswa ditinjau dari ke delapan faktor perilaku guru, yaitu: (a) perilaku leadership, (b) perilaku helping/friendly, (c) perilaku understanding, (d) perilaku responsibility/freedom, (e) perilaku certain, (f) perilaku satisfied, (g) perilaku admonishing, (h) perilaku strict behavior; (2) pengujian model struktural interpersonal relationship antara guru kewirausahaan dan siswa ditinjau dari ke delapan faktor perilaku guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan expost-facto. Populasi penelitian ini berjumlah 1818 siswa. Sampel sejumlah 182 atau 10% dari populasi ditentukan menggunakan proportional random sampling technique. Uji validitas dilakukan dengan confirmatory factor analysis menggunakan bantuan software LISREL 8.71. Uji reliabilitas dilakukan dengan composite reliability menggunakan bantuan software LISREL 8.71. Pengujian hipotesis menggunakan confirmatory factor analysis dan pengujian model struktural dilakukan menggunakan Structural Equation Model (SEM), yaitu program LISREL 8.71 for windows. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) interpersornal relationship antara guru kewirausahaan dan siswa yang ditinjau dari delapan faktor perilaku guru menunjukkan hubungan yang positif dan signifikan, yaitu: (a) perilaku leadership ditunjukkan oleh p value 0,19283>0,05 dan RMSEA 0,031<0,08, (b) perilaku helping/friendly ditunjukkan oleh p value 0,06352>0,05 dan RMSEA 0,031<0,08, (c) perilaku understanding ditunjukkan oleh p value 0,28086>0,05 dan RMSEA 0,031<0,08, (d) perilaku responsibility/freedom ditunjukkan oleh p value 0,15282>0,05 dan RMSEA 0,056<0,08, (e) perilaku certain ditunjukkan oleh p value 1,00000>0,05 dan RMSEA 0,000<0,08, (f) perilaku satisfied ditunjukkan oleh p value 0,30822>0,05 dan RMSEA 0,032<0,08, (g) perilaku admonishing ditunjukkan oleh p value 0,17981>0,05 dan RMSEA 0,052<0,08, (h) perilaku strict behavior ditunjukkan oleh p value 0,07575>0,05 dan RMSEA 0,059<0,08; (2) model yang diujikan mencerminkan model yang fit, dan model yang fit tersebut ditunjukkan oleh nilai p value 0,17≥0,05, RMSEA 0,043<0,08, GFI 0,97≥0,90, AGFI 0,94≥0,90, NFI 0,99≥0,90, CFI 1,00≥0,95, IFI 1,00≥0,95.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: interpersonal relationship, guru, siswa
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18555

Actions (login required)

View Item View Item