PEMAHAMAN GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) TERHADAP AKTIVITAS JASMANI BAGI SISWA TK SE KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN 2014

Kun Nasyiatul Sholikhah, Kun Nasyiatul (2015) PEMAHAMAN GURU TAMAN KANAK-KANAK (TK) TERHADAP AKTIVITAS JASMANI BAGI SISWA TK SE KECAMATAN KARANGANOM KABUPATEN KLATEN TAHUN 2014. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Kun Nasyiatul Sholikhah.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan proses belajar mengajar yang dapat menghasilkan perubahan tingkah laku yang diharapkan. Salah satu pendidikan yang diajarkan kepada siswa adalah pedidikan jasmani. Tujuan umum pendidikan jasmani pada jenjang pendidikan TK pada prinsipnya adalah membantu siswa untuk memperbaiki derajat kesehatan dan kesegaran jasmani. Akan tetapi, latar belakang pendidikan jasmani TK di Kecamatan Karanganom belum seluruhnya memenuhi standar pendidik. Tujuan penelitian untuk mengetahui pemahaman guru TK se Kecamatan Karanganom terhadap aktivitas jasmani bagi siswa TK, yang meliputi kemampuan guru mengidentifikasi jenis aktivitas jasmani yang dilakukan oleh siswa TK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di TK Se Kecamatan Karanganom. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan Juli- November 2014. Subjek utama penelitian ini adalah guru TK Se Kecamatan Karanganom yang berjumlah 19 guru TK. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini berasal dari data hasil wawancara dan data observasi terkait dengan pembelajaran aktivitas jasmani pada taman kanak-kanak se Kecamatan Karanganom. Uji validitas instrumen penelitian dilakukan oleh satu orang Judgement yaitu Bapak Wawan S Suherman, Prof. Dr. M.Ed. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemahaman guru TK Se- Kecamatan Karanganom terhadap aktivitas jasmani bagi siswa TK ditunjukkan dengan (a) kemampuan guru mengidentifikasi jenis aktivitas jasmani yang dilakukan oleh siswa TK; (b) kemampuan guru memahami konsep aktivitas jasmani dan karakteristik peserta didik; dan (c) kemampuan guru menerapkan aktivitas jasmani dalam Program Belajar Mengajar (PBM); (2) Seluruh guru dapat mengidentifikasi aktivitas jasmani ke dalam kemampuan motorik halus dan kemampuan motorik kasar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 13 May 2015 01:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18553

Actions (login required)

View Item View Item