Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Terpadu Siswa SMK Pariwisata

Kristiyanto, Bambang noor achsan (2015) Pengembangan Model Pembelajaran Praktik Terpadu Siswa SMK Pariwisata. S3 thesis, UNY.

[img] Text
disertasi-bambang-noor-achsan-kristiyanto-07702261010.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan menemukan model pembelajaran praktik terpadu untuk kompetensi keahlian Akomodasi Perhotelan (AP) dan Usaha Perjalanan Wisata (UPW) SMK Pariwisata. Proses pembelajaran praktik terpadu yang dimaksud adalah (1) komunikasi via telepon, (2) pengetahuan industri perhotelan dan pariwisata, (3) reservation dan transfer (check in/out), (4) memproses reservasi kamar dan tiket perjalanan, (5) memproses transaksi dan laporan keuangan, dan (6) melaksanakan prosedur klerikal dan administrasi perkantoran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan dengan mengikuti pola tahapan yang dikembangkan Borg and Gall (1989). Tahap penelitian dan pengumpulan data dilaksanakan di SMK Negeri 4 dan SMK Negeri 6 Yogyakara, dengan menggunakan model Taylor dan Powel (2003). Tahap pengembangan model diuji cobakan di Edotel Kenari SMK Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian pengembangan model pembelajaran praktik terpadu antara kompetensi keahlian AP dan UPW di SMK pariwisata menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya dan mampu menjadi tenaga kerja yang terampil, madiri, dan siap bekerja. Peserta didik mampu menunjukkan kualitas kinerja dan sikap pribadinya dalam hal: (1) berfikir secara logis, cepat dan tepat dalam menentukan setiap gerak dan tindakan yang akan dikerjakan; (2) bersikap secara arif dengan tidak meninggalkan etika dan sopan santun pada setiap keputusan yang diambil; (3) bertindak untuk menentukan langkah yang akan dikerjakan dan dapat dipertanggungjawabkan. Materi pembelajaran praktik terpadu merupakan perpaduan materi kejuruan kelas X semester 2 dan kelas XI semester 1 Akomodasi Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata. Guru pembimbimg praktik kerja adalah guru sekolah, dan instruktur praktik kerja direkrut dari praktisi dunia usaha dan dunia industri. Setiap melaksanaan tugas pembelajaran praktik terpadu, guru pembimbing dan instruktur selalu menyisipkan waktu untuk memberikan penjelasan tentang bimbingan kejuruan dan bimbingan karir kepada peserta didik secara terus menerus dan berkelanjutan. Dengan menerapkan model pembelajaran praktik terpadu lulusan SMK Pariwisata mempunyai kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat serta dapat mengisi pangsa kerja baik regional, nasional, maupun internasional.

Item Type: Thesis (S3)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran praktik, output peserta didik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 15 May 2015 03:20
Last Modified: 07 Sep 2022 07:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18552

Actions (login required)

View Item View Item