PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA KARTU KONSEP BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MENURUT GAYA BELAJAR SISWADI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA DAN SMP NEGERI 15 YOGYAKAKRTA

Gita, Suheni (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA KARTU KONSEP BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MENURUT GAYA BELAJAR SISWADI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA DAN SMP NEGERI 15 YOGYAKAKRTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Hal Depan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. bab I.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. Bab II.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. Bab III.pdf

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. Bab IV.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. Bab V.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar; (2) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar gaya belajar visual; (3) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar gaya belajar visual- auditorial; (4) Interaksi media dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain factorial. Populasi yaitu SMP N 14 dan SMP N 15 Yogyakarta dan sampelnya siswa VIII C SMP N 14 Yogyakarta dan siswa VIII G SMP N 15 Yogyakarta. Teknik sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan angket. Validasi instrumen dihitung dengan Product Moment, dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Analisis Two-way Anova satu pihak signifikansi 0,05. Hasil eksperimen disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar dengan media audiovisual lebih tinggi dibandingkan media visual F 7,392 nilai p 0,008; (2) hasil belajar dengan media audiovisual lebih rendah dibandingkan media visual gaya belajar visual dengan perbedaan rerata -6,528 nilai p 0,023; (3) hasil belajar dengan media audiovisual lebih tinggi dibandingkan media visual gaya belajar visual-auditorial dengan perbedaan rerata 16,108 nilai p 0,000 (4) Terdapat interaksi media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS dengan F 41,28 nilai p 0,00. Kata Kunci: Audiovisual, visual, hasil belajar IPS, gaya belajar

Item Type: Thesis (S1)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 13 May 2015 00:24
Last Modified: 29 Jan 2019 22:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18538

Actions (login required)

View Item View Item