Gita, Suheni (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIOVISUAL DAN MEDIA KARTU KONSEP BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MENURUT GAYA BELAJAR SISWADI SMP NEGERI 14 YOGYAKARTA DAN SMP NEGERI 15 YOGYAKAKRTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
|
Text
1. Hal Depan.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
3. bab I.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
4. Bab II.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
5. Bab III.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text
6. Bab IV.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text
7. Bab V.pdf Download (69kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar; (2) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar gaya belajar visual; (3) Perbedaan hasil belajar dengan media audiovisual dibandingkan dengan kartu konsep bergambar gaya belajar visual- auditorial; (4) Interaksi media dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain factorial. Populasi yaitu SMP N 14 dan SMP N 15 Yogyakarta dan sampelnya siswa VIII C SMP N 14 Yogyakarta dan siswa VIII G SMP N 15 Yogyakarta. Teknik sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan data dengan tes dan angket. Validasi instrumen dihitung dengan Product Moment, dan reliabilitas dengan Cronbach’s Alpha. Uji normalitas menggunakan Kolmogorof-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test. Analisis Two-way Anova satu pihak signifikansi 0,05. Hasil eksperimen disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar dengan media audiovisual lebih tinggi dibandingkan media visual F 7,392 nilai p 0,008; (2) hasil belajar dengan media audiovisual lebih rendah dibandingkan media visual gaya belajar visual dengan perbedaan rerata -6,528 nilai p 0,023; (3) hasil belajar dengan media audiovisual lebih tinggi dibandingkan media visual gaya belajar visual-auditorial dengan perbedaan rerata 16,108 nilai p 0,000 (4) Terdapat interaksi media pembelajaran dan gaya belajar dalam mempengaruhi hasil belajar IPS dengan F 41,28 nilai p 0,00. Kata Kunci: Audiovisual, visual, hasil belajar IPS, gaya belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Admin Pendidikan IPS FIS |
Date Deposited: | 13 May 2015 00:24 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:18 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18538 |
Actions (login required)
View Item |