PERBEDAAN METODE INQUIRY DAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJIBARANG

Puspa Arum Wahyu, Kurnai (2013) PERBEDAAN METODE INQUIRY DAN METODE CERAMAH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII SMP NEGERI 1 AJIBARANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Other
1. Halaman Depan.PDF

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Other
7. BAB V.PDF

Download (112kB) | Preview

Abstract

Terdapat berbagai macam metode dalam pembelajaran IPS, namun kebanyakan guru masih menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran yang menyebabkan siswa kurang aktif dan hasil belajar menjadi rendah. Metode lain yang dapat digunakan adalah inquiry.. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan metode inquiry dan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada pembelajaran IPS kelas VIII smp Negeri 1 Ajibarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi-experimental, dengan menggunakan pre-test post test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah Kelas VIII SMP N 1 Ajibarang, dengan sampel terdiri dari dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol), masing masing berjumlah 32 dan 33 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Validitas instrumen menggunakan validitas isi dan validitas konstruk dengan menggunakan expert Judgment. Realibilitas instrumen menggunakan KR-20. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode inquiry dan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang. Hal ini terbukti dengan nilai t hitung > t(5,043 > 1,988) dan p < 0,05 (p =0,000<0,05). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa H tabel ditolak atau tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara metode inquiry dan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang dan Ha diterima atau terdapat perbedaan yang signifikan antara metode inquiry dan metode ceramah dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII SMP Negeri 1 Ajibarang . Kata kunci: Metode Inquiry, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 13 May 2015 00:25
Last Modified: 29 Jan 2019 22:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18537

Actions (login required)

View Item View Item