PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN MATERI ASAM-BASA DAN KESETIMBANGAN KELARUTAN BERBASIS MOTIVASI DAN APLIKASI UNTUK PESERTA DIDIK SEMESTER II KELAS XI IPA SMA/MA

Nuriha, Anifah Adhina (2012) PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN MATERI ASAM-BASA DAN KESETIMBANGAN KELARUTAN BERBASIS MOTIVASI DAN APLIKASI UNTUK PESERTA DIDIK SEMESTER II KELAS XI IPA SMA/MA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
Anifah Adhina Nuriha NIM 08303241006.pdf.pdf

Download (119MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul pengayaan berbasis aplikasi dan motivasi pelajaran kimia untuk peserta didik kelas XI SMA/MA yang materinya sesuai dengan Standar Isi sebagai alternatif sumber belajar mandiri dan menentukan kualitas modul pengayaan berbasis aplikasi dan motivasi pelajaran kimia yang dihasilkan ditinjau dari aspek-aspek kelayakan materi, penyajian, bahasa, gambar, isi modul pengayaan, dan penampilan modul pengayaan berdasarkan penilaian dan tinjauan guru kimia SMA/MA. Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang mengadaptasi model Borg & Gall. Tahapan yang dilalui untuk mengembangkan modul pengayaan Absorption adalah (1) menentukan tujuan, (2) mengumpulkan referensi, membuat instrumen penilaian, merancang modul pengayaan, dan membuat modul pengayaan, (3) peninjauan oleh peer reviewer, ahli materi, dan ahli media serta yang terakhir penilaian oleh reviewer yaitu 5 guru kimia SMA/MA. Hasil penelitian pengembangan ini adalah modul pengayaan materi asam- basa dan kesetimbangan kelarutan berbasis aplikasi dan motivasi. Kualitas modul pengayaan materi asam-basa dan kesetimbangan kelarutan berdasarkan penilaian reviewer untuk masing-masing komponen penilaian berupa kelayakan materi, kelayakan penyajian, kebahasaan dan gambar, isi modul pengayaan dan penampilan modul pengayaan berturut-turut adalah 4,56 (sangat baik); 4,33 (sangat baik); 4,43 (sangat baik); 4,60 (sangat baik); dan 4,40 (sangat baik) dari skor maksimal 5. Berdasarkan penilaian pada masing-masing komponen tersebut maka dapat disimpulkan bahwa kualitas modul pengayaan adalah sangat baik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 12 May 2015 02:18
Last Modified: 29 Jan 2019 22:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18501

Actions (login required)

View Item View Item