VIDEO PEMBELAJARAN MENGGAMBAR KENDI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP N 6 YOGYAKARTA

Ridha, Nusrat Jahan (2014) VIDEO PEMBELAJARAN MENGGAMBAR KENDI UNTUK SISWA KELAS VIII SMP N 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nusrat Jahan Ridha 10206244009.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan membuat dan menghasilkan Video Pembelajaran Menggambar Kendi untuk Siswa Kelas VIII SMP N 6 Yogyakarta serta mengetahui kelayakan bahan ajar tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian pengembangan bahan ajar video meliputi tahap analisis kebutuhan, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi produk. Bahan ajar video divalidasi oleh ahli materi dan ahli media yang berkompeten. Dalam tahap uji coba, bahan ajar dinilai oleh reviewer yaitu guru seni budaya SMP N 6 Yogyakarta dan siswa kelas VIII dalam uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penyusunan bahan ajar video pembelajaran menggambar kendi membutuhkan pengkajian referensi materi menggambar bentuk, pembuatan desain tampilan dan stuktur video untuk selanjutnya dilakukan proses shooting dan editing. Video Pembelajaran Menggambar Kendi untuk Siswa Kelas VIII SMP N 6 Yogyakarta telah berhasil dibuat dalam bentuk DVD dan situs youtube. Video memiliki tiga bagian pokok yaitu bagian pembuka berisi intro dan pembahasan tentang model kendi, bagian isi meliputi pengenalan alat menggambar dan proses menggambar bentuk kendi dengan metode perbandingan ukuran, serta bagian penutup berisi evaluasi hasil karya. Kualitas bahan ajar video berdasarkan penilaian ahli adalah baik (B) dengan persentase keidealan oleh ahli materi 88,461% dan ahli media 96,456%. Berdasarkan penilaian reviewer (guru seni budaya) juga baik (B) dengan persentase sebesar 88,733%. Kualitas bahan ajar berdasarkan respon siswa adalah baik (B) dengan persentase 92,222% dalam uji coba perorangan, 86,666% dalam uji coba kelompok kecil dan 86,822% dalam uji coba kelompok besar. Hasil keseluruhan menunjukan bahwa video ini layak digunakan sebagai bahan ajar pengayaan dalam pembelajaran menggambar bentuk dengan model kendi untuk siswa kelas VIII.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: bahan ajar, video pembelajaran
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 12 May 2015 01:47
Last Modified: 29 Jan 2019 22:16
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18484

Actions (login required)

View Item View Item