PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE SIMULASI PADA POKOK BAHASAN ANGKATAN KERJA DAN TENAGA KERJA SISWA KELAS VIII SMPN 1 JUMO TEMANGGUNG

Retnia, Ike (2014) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI MODEL QUANTUM LEARNING DENGAN METODE SIMULASI PADA POKOK BAHASAN ANGKATAN KERJA DAN TENAGA KERJA SISWA KELAS VIII SMPN 1 JUMO TEMANGGUNG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img]
Preview
Text
1. Hal Awal 10416244020.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak 10416244020.pdf

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I 10416244020.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II 10416244020.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III 10416244020.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV 10416244020.pdf

Download (623kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V 10416244020.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran 10416244020.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah adanya permasalahan pembelajaran IPS di kelas VIII D SMPN 1 Jumo, yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS siswa dengan menerapkan model pembelajaran quantum learning dengan metode simulasi di kelas VIII D SMPN 1 Jumo Temanggung; dan (2) Mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model quantum learning. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII D SMPN 1 Jumo Temanggung Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini berlangsung dalam 2 siklus. Dalam satu siklus terdapat dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, angket dan tes. Jenis data yang dikumpulkan adalah data kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diketahui melalui triangulasi metode. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini ditentukan apabila rata-rata persentase indikator motivasi dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran IPS mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1) Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar menggunakan model pembelajaran quantum learning dengan metode simulasi pada mata pelajaran IPS di kelas VIII D SMPN 1 Jumo Temanggung dapat dilakukan dengan menambahkan media powerpoint, artikel berupa kasus ketenagakerjaan, video tentang pengangguran, dan perlengkapan simulasi berupa tulisan yang dapat menunjukkan peran masingmasing siswa dalam kegiatan pembelajaran; dan (2) Berdasarkan hasil yang diperoleh dari observasi, wawancara dan angket, menunjukkan peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran IPS yang berdampak pada peningkatan hasil belajar IPS. Data hasil belajar IPS diperoleh dari hasil tes sebelum dan sesudah tindakan. Perolehan hasil pada siklus I masih rendah, tindakan dilanjutkan siklus II. Pada siklus II ini, hasil motivasi dan hasil belajar IPS siswa mengalami peningkatan. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yakni ≥ 75%, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil. Kata Kunci: Quantum learning, metode simulasi, motivasi dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 12 May 2015 00:29
Last Modified: 29 Jan 2019 22:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18461

Actions (login required)

View Item View Item