KEEFEKTIFAN STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SEWON BANTUL

Saktiningsih, Rahayu (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI TTW (THINK-TALK-WRITE) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SEWON BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rahayu Saktiningsih 10201241048.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan strategi TTW dan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita tanpa strategi TTW, (2) menguji keefektifan strategi TTW dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian pretest postest control group design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa penggunaan strategi TTW dan variabel terikat berupa kemampuan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon Bantul. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII B sebagai kelas kontrol dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor pascates antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa thitung sebesar 9,528 dengan db 49 dan p sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan strategi TTW dan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon yang mengikuti pembelajaran menulis teks berita tanpa strategi TTW. Setelah dilakukan uji prates dan pascates masing-masing kelompok, terlihat bahwa thitung kelompok eksperimen lebih besar dari ttabel pada db 24 (thitung > ttabel). Hal ini menunjukkan bahwa strategi TTW efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sewon Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi Think-Talk-Write, menulis teks berita
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 05:38
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18403

Actions (login required)

View Item View Item