KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK PEREMBUKAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MINGGIR

Irawati, Nita (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK PEREMBUKAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 MINGGIR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nita Irawati 10201241010.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis argumentasi antara kelompok eksperimen yang menggunakan teknik perembukan dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknik perembukan dalam pembelajaran menulis argumentasi dan menguji keefektifan penggunaan teknik perembukan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Minggir. Sampel yang digunakan adalah kelas X-1 untuk kelas eksperimen dan kelas X-2 untuk kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, yaitu tes awal dan tes akhir. Sebelum dilakukan analis data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa skor tes awal dan tes akhir berdistribusi normal dan homogen. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji–t. Hasil analisis data kemudian disimpulkan sesuai permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan menulis argumentasi antara kelompok eksperimen yang menggunakan teknik perembukan dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan teknik perembukan. Perbedaan tersebut ditunjukkan oleh hasil uji–t yang dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0. Uji–t skor tes akhir kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menunjukkan t hitung (th) adalah 3,494 dengan db 60 diperoleh nilai p sebesar 0,001. Nilai p lebih kecil dari 0,05 (0,001 < 0,05). Selain itu, hasil penelitian juga menunjukkan bahwa teknik perembukan efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Minggir. Keefektifan teknik perembukan dalam pembelajaran menulis argumentasi dibuktikan dengan pengujian gain score. Hasil pengujian gain score menunjukkan bahwa gain score kelompok eksperimen sebesar 0,2108 lebih besar dibandingkan dengan gain score kelompok kontrol sebesar 0, 1131.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: teknik perembukan, pembelajaran menulis argumentasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 05:35
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18402

Actions (login required)

View Item View Item