KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK K-W-L PLUS (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED PLUS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH

Mustakim, Ngalim (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN TEKNIK K-W-L PLUS (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED PLUS) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 TENGARAN KABUPATEN SEMARANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ngalim Mustakim 10201241033.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan teknik K-W-L Plus dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan teknik K-W-L Plus pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran, Kabupaten Semarang. (2) menguji keefektifan penggunaan teknik K-W-L Plus dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMP N 3 Tengaran, Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretestposttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Tengaran. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen. Data diperoleh dengan instrumen berupa tes membaca pemahaman. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir. Validitas isi dicapai melalui expert judgement. Penghitungan validitas butir soal menggunakan teknik Korelasi Product Moment dari Pearson. Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Koefisien reliabilitas tes adalah 0,865. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum diadakan analisis data, lebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan homogenitas varian. Dari hasil tersebut terbukti bahwa skor pretes dan postes kedua kelompok normal dan homogen. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan teknik K-W-L Plus dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan K-W-L Plus, Hal tersebut dibuktikan dengan uji-t yaitu th sebesar 9,662 pada taraf signifikansi 5%, selanjutnya nilai P sebesar 0,000 (0,000<0,05=signifikan); (2) penggunaan teknik K-W-L Plus terbukti efektif pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VIII SMPN 3 Tengaran. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai gainskor kelompok eksperimen sebesar 4,8889; dengan nilai th pretes dan postes sebesar 9.411; P=0,000 (0,000<0,05=signifikan). Pada kelompok kontrol terjadi peningkatan sebesar 0,3889; dengan nilai th pretes dan postes sebesar 0,136; P=0.893 (0,893>0,05≠signifikan).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: K-W-L Plus, membaca pemahaman, teknik membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 05:32
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18401

Actions (login required)

View Item View Item