HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS V

Widodo, Ariyo (2015) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SD KELAS V. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Ariyo Widodo_11108244035.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan orang tua dengan motivasi belajar siswa SD kelas V se-Gugus II Pengasih, Kulon Progo, Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian expost facto. Populasi penelitian ini adalah 154 siswa. Cara pengambilan ukuran sampel menggunakan rumus Slovin dengan taraf signifikansi 5% sehingga diperoleh 111 anggota sampel. Teknik pengambilan anggota sampel dilakukan secara acak (Simple Random Sampling). Variabel yang diteliti yaitu tingkat pendidikan orang tua (X) dengan motivasi belajar (Y). Metode pengumpulan data menggunakan skala psikologi dan dokumentasi. Validasi instrumen menggunakan penilaian ahli dan uji reliabilitas dengan konsistensi internal menggunakan teknik Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah Korelasi Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif dan signifikan tingkat pendidikan orang tua (X) dengan motivasi belajar (Y) siswa kelas V SD se -Gugus II Pengasih Kulon Progo, Yogyakarta Tahun pelajaran 2014/2015. Hal ini ditunjukkan dari perhitungan uji korelasi, r hitung = 0,536 > r tabel= 0,1848. Kata kunci: tingkat pendidikan orang tua, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item View Item