KEEFEKTIFAN STRATEGI GMA (GROUP MAPPING ACTIVITY) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SANDEN BANTUL

Kurniatun, Hermina (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI GMA (GROUP MAPPING ACTIVITY) DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN CERITA ANAK PADA SISWA KELAS VII DI SMPN 1 SANDEN BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Hermina Kurniatun 10201241024.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerita anak yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi GMA dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi GMA pada siswa kelas VII di SMPN 1 Sanden Bantul; (2) menguji keefektifan strategi GMA dalam pembelajaran membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas VII di SMPN 1 Sanden Bantul. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen dengan pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII di SMPN 1 Sanden Bantul. Sampel ditentukan dengan menggunakan clauster random sampling, diperoleh kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII C sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dengan memberikan pretest dan posttest pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Validitas yang digunakan ialah validitas isi dan validitas konstruk. Validitas dan reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan komputer berbantuan program SPSS 20. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas yang dihitung dengan menggunakan komputer berbantu program SPSS 20. Analisis data berupa uji-t dihitung berdasarkan taraf signifikansi 5%. Simpulan hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman cerita anak yang sigifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi GMA dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi GMA pada siswa kelas VII di SMPN 1 Sanden Bantul; (2) strategi GMA efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman cerita anak pada siswa kelas VII di SMPN 1 Sanden Bantul. Simpulan tersebut berdasarkan pada analisis uji-t independen skor postest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yaitu diperoleh nilai thitung 4,409, db = 54, nilai p = 0,000 (p < 0,05). Hasil uji-t berhubungan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung 3,954, db = 27, nilai p = 0,000 (p < 0,05). Kenaikan skor ratarata kelompok eksperimen sebesar 4,28 dan kenaikan skor rata-rata kelompok kontrol sebesar 1,93.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, membaca pemahaman, cerita anak, strategi GMA, siswa SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 04:02
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18396

Actions (login required)

View Item View Item