KEEFEKTIFAN STRATEGI INKUIRI JURISPRUDENSIAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA SE-KECAMATAN MUNTILAN

Yuliawati, Hediana (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI INKUIRI JURISPRUDENSIAL DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS XI IPS SMA SE-KECAMATAN MUNTILAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Herdiana Yuliawati 08201244024.pdf

Download (28MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri jurisprudensial dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri jurisprudensial pada siswa kelas XI IPS SMA se-Kecamatan Muntilan, (2) keefektifan strategi pembelajaran inkuiri jurisprudensial dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas XI IPS SMA se-Kecamatan Muntilan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA se-Kecamatan Muntilan Tahun Ajaran 2013/2014. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling yaitu pemilihan sampel acak sederhana. Setelah mengadakan penyapelan acak terpilih SMA Bentara Wacana Muntilan dengan jumlah kelas XI IPS sebanyak dua kelas, yang terdiri dari kelas XI IPS1, dan XI IPS2. Dari kedua kelas tersebut kelas XI IPS1 sebagai kelas kontrol, dan kelas XI IPS2 sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian menggunakan tes (pretest-posttest) berdasarkan taksonomi Barret. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan CFA dan reliabilitas menggunakan rumus KR-20. Teknik analisis data menggunakan uji t. Hasil penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman siswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri jurisprudensial dengan siswa yang diajar tanpa menggunakan strategi pembelajaran inkuiri jurisprudensial pada siswa kelas XI IPS SMA se-Kecamatan Muntilan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t skor postest kedua kelompok tersebut, yang menunjukkan bahwa thitung sebesar 5,587 dengan nilai p = 0,000 (p lebih kecil dari 0,05) dan (2) pembelajaran strategi pembelajaran inkuiri jurisprudensial terbukti efektif dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas XI IPS SMA se-Kecamatan Muntilan. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung lebih besar dari skor ttabel (th : 15,052 > tt : 2,131) dengan p = 0,000 (p lebih kecil dari 0,05) dan skor rerata tes akhir kelompok eksperimen (72,7063) lebih tinggi daripada skor rerata akhir kelompok kontrol (64,4417).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Inkuiri Jurisprudensial, Membaca Pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 03:59
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item