KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMAN 2 WONOSARI KAB. GUNUNGKIDUL

Gantari, Bayun Dwi (2014) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMAN 2 WONOSARI KAB. GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bayun Dwi Gantari 10201244079.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan keterampilan menulis naskah drama antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan SAVI dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan SAVI. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pendekatan SAVI dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siswa SMAN 2 Wonosari Kab. Gunungkidul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen semu (quasi experimental) menggunakan desain control group pretest posttest designe dan metode kualitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 2 Wonosari Kab. Gunungkidul. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah random sampling. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelompok kontrol dan kelas XI IPA 2 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, yaitu pretest dan posttest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi. Validitas isi digunakan untuk instrumen berupa tes menulis naskah drama.. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Analisis data dilakukan setelah melakukan uji normalitas dan uji homogenitas dengan syarat skor pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menulis naskah drama menggunakan pendekatan SAVI dengan pembelajaran menulis naskah drama tanpa menggunakan pendekatan SAVI mempunyai perbedaan hasil. Ditunjukkan dengan uji-t data pretest menggunakan program SPSS 17,00 yang menghasilkan nilai thitung = 0,020, df 55, pada taraf signifikan 5% didapat nilai ttabel 2,004 (thitung:0,020<ttabel:2,004). Hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa pembelajaran menulis naskah drama menggunakan pendekatan SAVI terbukti efektif. Keefektifan tersebut terlihat dari hasil uji-t data posttest kenaikan nilai siswa yang menghasilkan nilai thitung = 6,440, df 55, pada taraf signifikan 5% (thitung:6,440>ttabel:2,004).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, pendekatan SAVI, pembelajaran menulis naskah drama, siswa SMA
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 03:51
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18391

Actions (login required)

View Item View Item