TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANAK YANG IKUT DALAM SEKOLAH SEPAKBOLA HANDAYANI DI GUNUNG KIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Fauzi Endro Pramono, Endro ramono (2012) TINGKAT KESEGARAN JASMANI ANAK YANG IKUT DALAM SEKOLAH SEPAKBOLA HANDAYANI DI GUNUNG KIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI 3X CD.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat beberapa alasan yang membuat peneliti ingin meneliti, yaitu: pelatih yang ada tidak sesuai dengan jurusannya, masih terdapat anak yang mengalami kelelahan yang berarti pada saat pertandingan ataupun latihan dan belum pernah diadakannya tes kesegaran jasmani di dalam SSB. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani anak yang ikut dalam Sekolah Sepakbola Handayani Kabupaten Gunungkidul. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode survei dengan teknik tes dan pengukuran. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kebugaran jasmani dari puskesjasrek (Pusat Kesegaran Jasmani dan Rekreasi) tahun 2010 untuk Anak umur 10-12 tahun dengan Validitas tes untuk putra 0.884, sedangkan Realibilitas tes untuk putra 0.911. Teknik analisis data menggunakan Deskriptif Kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Proporsive Sampling, dilakukan bila populasi mempunyai anggota/kelompok dan kelompok tersebut diambil semua tanpa dilakukan acak. Populasi 481 diambil 61 anak untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kesegaran jasmani anak KU 10-12 SSB Handayani Kabupaten Gunungkidul kategori baik sekali 0% (0), kategori baik 0% (0 anak), kategori sedang 29.5% (18 anak), kategori kurang 65.6% (40 anak), kategori kurang sekali 4.9% (3 anak).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Olahraga > Kepelatihan
Olahraga > Other
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 08 May 2015 03:33
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18390

Actions (login required)

View Item View Item