PENERAPAN KONSEP CHILD FRIENDLY SPACE PADA RUANG PUBLIK KAMPUNG BADRAN YOGYAKARTA

Farida, Ani (2014) PENERAPAN KONSEP CHILD FRIENDLY SPACE PADA RUANG PUBLIK KAMPUNG BADRAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ani Farida 10206241038.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konsep Child Friendly Space pada Ruang Publik Kampung Badran, mengingat Kampung Badran sudah berpredikat sebagai Kampung Layak Anak sejak tahun 2011. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan padaanalisis penerapan konsepChild Friendly Space pada Ruang Publik untuk anak-anak di Kampung Badran yang sudah berpredikat Kampung ramah Anak sejak 2011. Data diperoleh dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah ruang publik anak Kampung Badran. Penelitian ini difokuskan pada analisis penerapan konsep Child Friendly Space pada ruang publik di Kampung Badran yang sudah menjadi Kota Layak Anak sejak tahun 2011. Keabsahan data diperoleh dari ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ruang Publik Kampung Badran sudah memenuhi konsep Child Friendly Space yaitu dalam (a) menyediakan ruang yang aman bagi anak untuk bermain dan bersosialisasi, (b) mendukung tumbuh kembang anak dengan menyediakan fasilitas seperti kolam renang, ayunan, dan gazebo yang mudah diakses oleh anak. (2) Ruang Publik Kampung Badran memiliki kekurangan yaitu (a) tidak memiliki program pendukung seperti kegiatan rutin untuk memaksimalkan pemanfaatan fasilitas ruang public Kampung Badran, (b) tidak adanya staff lapangan untuk mengawasi ruang publik Kampung Badran secara intensif.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Kampung Ramah Anak
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Rupa FBS
Date Deposited: 08 May 2015 03:25
Last Modified: 29 Jan 2019 22:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18389

Actions (login required)

View Item View Item