HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA

Ervina, Vivi (2014) HUBUNGAN MINAT BACA DAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA NEGERI DI KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vivi Ervina 07201241040.pdf

Download (42MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan yang positif dan signifikan antara: (1) minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta, (2) penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta, (3) minat baca dan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan analisis korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta. Sampel penelitian ini 364 siswa, diambil dengan menggunakan Proportional Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Uji instrumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,490>0,113) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,521>0,113) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05), (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat baca dan penguasaan kosakata secara bersama-sama dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas X SMA Negeri di Kota Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai rhitung lebih besar dari r tabel (0,626>0,113) dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000<0,05).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kosakata, membaca pemahaman
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 02:07
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18384

Actions (login required)

View Item View Item