PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN NASKAH BERITA SISWA KELAS IX IPA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA MENGGUNAKAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS

Salamah, Robi Hasanatun (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACAKAN NASKAH BERITA SISWA KELAS IX IPA MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA MENGGUNAKAN STRATEGI PRACTICE-REHEARSAL PAIRS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Robi Hasanatun Salamah 08201241023.PDF

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membacakan naskah berita siswa yang disebabkan oleh rendahnya keaktifan, minat dan konsentrasi siswa terhadap pembelajaran keterampilan membacakan naskah berita, kurangnya keberanian siswa, serta kurang bervariasinya strategi pembelajaran yang digunakan. Strategi practice-rehearsal pairs dapat dijadikan strategi alternatif yang mampu meningkatkan keterampilan membacakan naskah berita siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membacakan naskah berita siswa kelas XI IPA MA Wahid Hasyim Yogyakarta menggunakan strategi practice-rehearsal pairs. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA MA Wahid Hasyim Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini bersifat kolaboratif yang telah dilaksanakan pada bulan Oktober 2013. Prosedur pelaksanaan tindakan pada penelitian ini ada empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, pedoman wawancara, pedoman penilaian keterampilan membacakan naskah berita, pedoman pengamatan proses pembelajaran, cacatan lapangan, dan dokumentasi foto kegiatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan adalah apabila terjadi peningkatan skor rata-rata pada pengamatan proses dan produk serta mencapai standar ketuntasan yaitu mencapai skor 70. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi practicerehearsal pairs dapat meningkatkan semua aspek keterampilan membacakan naskah berita siswa kelas XI IPA MA Wahid Hasyim Yogyakarta, baik secara proses maupun produk. Secara proses, peningkatan tampak pada proses pembelajaran yang semakin baik, siswa lebih aktif, dan berani dalam pembelajaran. Peningkatan tersebut dibuktikan dengan skor rata-rata tahap pratindakan sebesar 11,32 dan meningkat menjadi 15,82 atau 79,1% pada akhir siklus II. Secara produk, keterampilan membacakan naskah berita siswa mengalami peningkatan pada setiap implementasi tindakan selama dua siklus. Kemampuan membacakan naskah berita siswa menjadi berkategori sangat baik. Hal ini berdasarkan pada skor rata-rata tahap pratindakan sebesar 14,03 dan meningkat menjadi 20,6 atau 82,4% pada akhir siklus II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: naskah berita, practice-rehearsal pairs
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 02:00
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18380

Actions (login required)

View Item View Item