KEEFEKTIFAN STRATEGI DIRECTED READING-THINGKING ACTIVITY+STUDENT QUESTION TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA

Rinawati (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI DIRECTED READING-THINGKING ACTIVITY+STUDENT QUESTION TERHADAP PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rinawati 10201244053.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca cerpen antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi Directed Reading-Thingking Activity and Student Question dan tanpa menggunakan strategi Directed Reading-Thingking Activity and Student Question pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan penggunaan strategi Directed Reading-Thingking Activity and Student Questiondalam pembelajaran membaca cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah Pretest-Posttest Control Group Design, populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan teknik tersebut ditetapkan kelas VII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VII C sebagai kelompok eksperimen. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes yang berupa pretest dan posttest. Validitas instrument berupa validitas isi dan validitas butir. Validitas dan reliabilitas butir soal tes dihitung dengan bantuan komputer program ITEMAN. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian diketahui bahwa, analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai t-hitung sebesar 7,748 dengan df = 66 dan P sebesar 0,000 (P < 0,05). hasil analisis uji-t pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai t-hitung sebesar -8,051 dengan df = 33 dan P sebesar 0,000 (P < 0,05). Pretest skor rerata (mean) kelompok kontrol adalah sebesar72.91dan kelompok eksperimen adalah sebesar 72.47. Posttest skor rerata (mean) kelompok kontrol adalah sebesar 72.55 dan kelompok eksperimen adalah sebesar 84,58. Simpulan penelitian ini yaitu terdapat perbedaan kemampuan membaca cerpen yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan strategi DRTA+SQ dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca cerpen tanpa menggunakan strategi DRTA+SQ. Strategi DRTA+SQ efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 7 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi DRTA+SQ, kemampuan membaca cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:57
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18379

Actions (login required)

View Item View Item