KEEFEKTIFAN METODE FISHBOWL TERHADAP PEMBELAJARAN BERDISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN

Utami, Rakhmawati Budi (2014) KEEFEKTIFAN METODE FISHBOWL TERHADAP PEMBELAJARAN BERDISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rakhmawati Budi Utami 10201244042.PDF

Download (34MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berdiskusi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan metode fishbowl dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa metode fishbowl pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian ini juga bertujuan untuk menguji keefektifan metode fishbowl dalam pembelajaran berdiskusi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Sleman. Penelitian yang dilakukan termasuk kategori penelitian kuantitatif dan pendekatan yang dipilih adalah true experimental design. Desain penelitian yang dipilih adalah control group pretest-posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas yang merupakan metode fishbowl dan variabel terikat adalah pembelajaran berdiskusi siswa kelas VIII. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Sleman. Sampel penelitian adalah kelas VIIID sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen. Uji hipotesis penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t dan menghitung selisih skor rata-rata. Hasil uji-t posttest kelompok kontrol dan eksperimen dengan menggunakan program SPSS menunjukan bahwa lebih besar dibandingkan (2,043 > 2,018) dan signifikansi lebih kecil dibandingkan taraf signifikansi 5% (0,047 < 0,05). Penghitungan selisih skor rata-rata posttest antara kelompok kontrol dan eksperimen adalah 3,4. Kedua hasil penghitungan tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berdiskusi yang signifikan antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan metode fishbowl dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran berdiskusi tanpa menggunakan metode fishbowl pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Sleman. Selain itu, metode fishbowl terbukti lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran berdiskusi pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Sleman.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: metode fishbowl, kemampuan berdiskusi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:54
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18378

Actions (login required)

View Item View Item