PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI 1 PENGASIH DENGAN STRATEGI STORY WRITING MAP

Herdiyanti, Rafita (2014) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS X.2 SMA NEGERI 1 PENGASIH DENGAN STRATEGI STORY WRITING MAP. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rafita Herdiyanti 10201241018.PDF

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Pengasih dengan strategi story writing map. Siswa diharapkan menjadi terampil menulis cerpen dengan memperhatikan kriteria penulisan cerpen yang telah ditentukan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Pengasih. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan penelitian terbagi dalam dua siklus. Siklus I dan II dilaksanakan sebanyak dua kali pertemuan. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan peningkatan keterampilan menulis cerpen dengan strategi story writing map. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini mencakup proses tindakan kelas yang dilakukan secara kualitatif dan analisis hasil tindakan yang berupa skor dilakukan secara kuantitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran menulis cerpen dengan strategi story writing map pada siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Pengasih dilakukan dengan menugasi siswa untuk menulis cerpen dengan membuat skema cerita yang dibagi menjadi 3 bagian, yaitu awal, tengah, dan akhir. Penerapan strategi story writing map dapat meningkatkan kualitas proses dan produk belajar siswa. Peningkatan proses pada akhir tindakan siklus I terlihat pada perubahan sikap siswa menjadi cukup antusias, semangat, dan aktif dalam menulis cerpen. Pada akhir tindakan siklus II terlihat peningkatan proses, yaitu antusias, semangat, aktif, dan percaya diri. Peningkatan produk ditunjukkan dengan meningkatnya skor rata-rata cerpen yang diperoleh oleh siswa. Skor rata-rata yang diperoleh siswa pada pratindakan adalah 62,61. Peningkatan terjadi pada akhir tindakan siklus I, skor rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 68,58. Hal tersebut menandakan adanya peningkatan sebesar 5,97 poin. Pada akhir tindakan siklus II skor rata-rata cerpen siswa kembali meningkat sebesar 5,45 poin sehingga menjadi 74,03. Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis cerpen dengan strategi story writing map dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen siswa kelas X.2 SMA Negeri 1 Pengasih.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan, menulis cerpen, strategi story writing map
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:51
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18377

Actions (login required)

View Item View Item