PERBANDINGAN PENGGUNAAN STRATEGI KWL DENGAN STRATEGI SQ3R DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMANSISWA KELAS VIII SMPN 7 YOGYAKARTA

Rahayu, Nur Aini (2014) PERBANDINGAN PENGGUNAAN STRATEGI KWL DENGAN STRATEGI SQ3R DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMANSISWA KELAS VIII SMPN 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nur Aini Rahayu 10201241023.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk(1) mengetahui adakah perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran membaca pemahaman siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi KWL dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi SQ3R pada siswa kelas VIII SMPN 7 Yogyakarta; (2) mengetahui manakah yang lebih efektif antara pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi KWL dan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi SQ3R pada siswa kelas VIII di SMPN 7 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang mengkomparasikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi KWL dan siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi SQ3R. Desain penelitian ini menggunakan design experiment pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIISMPN 7 Yogyakarta. Teknik penyampelan yang digunakan adalah cluster random sampling. Kelas VIII C terpilih sebagai kelompok KWL, dan kelas VIII F sebagai kelompok SQ3R. Instrumen yang digunakan adalah soal pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi. Reliabilitas instrumen dilakukan dengan komputer program Itemandengan menunjukkan nilai alpha sebesar 0,752, yang berarti tinggi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-tpada taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas yang menunjukkan bahwa seluruh data dalam penelitian ini bersifat normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok KWL dan kelompok SQ3R diperoleh nilai t___ sebesar 3,625 dan p sebesar 0,01 (p < 0,05).Skor rata-rata kelompok eksperimen KWL mengalami kenaikan sebesar 1,97, sedangkan skor rata-rata kelompok eksperimen SQ3R mengalami kenaikan sebesar 0,4.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi KWL dan siswa yang mengikuti pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi SQ3R pada siswa kelas VIII SMPN 7 Yogyakarta. (2) Pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi KWL lebih efektif dibandingkan pembelajaran membaca pemahaman menggunakan strategi SQ3R dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VIII SMPN 7 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: strategi KWL, strategi SQ3R, membaca
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:39
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18374

Actions (login required)

View Item View Item