KEEFEKTIFAN STRATEGI KREATIF PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SEMESTER DUA SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA

Solihah, Fenimatus (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI KREATIF PRODUKTIF DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SEMESTER DUA SMA NEGERI 6 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Fenimatus Sholihah 10201241068.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi kreatif produktif dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi kreatif produktif; (2) menguji keefektifan strategi kreatif produktif dalam pembelajaran menulis cerpen siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah eksperimen dengan menggunakan Control Group Pre-Test Post-Test Design. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta. Terdiri dari enam kelas, yaitu kelas X1-X6. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Berdasarkan teknik cluster random sampling, ditetapkan kelas X4 sebagai kelompok kontrol dan kelas X6 terpilih sebagai kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan menggunakan pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi. Validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan program SPSS 16.0. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisi berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPP 16.0 menunjukkan hasil menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data postest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung yaitu 8,951, ttabel 2,010 dengan db 58, dan nilai p 0,000. Nilai p 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,05) dan thitung (8,951) > , ttabel (2,010). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung yaitu 42,585, ttabel yaitu 2,045 dengan db 29, dan nilai p 0,000. Nilai p 0,000 lebih kecil dari taraf signifikansi 5%(0,05) dan thitung (42,585) > ttabel (2,045). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis cerpen antara siswa yang diberi pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi kreatif produktif dan siswa yang diberi pembelajaran menulis cerpen tanpa menggunakan strategi kreatif produktif; (2) strategi kreatif produktif efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis cerpen, strategi kreatif produktif, siswa SMA kelas X
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:31
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18372

Actions (login required)

View Item View Item