KEEFEKTIFAN STRATEGI S2RAT (SELECT, REVIEW, RETURN, ASSIGN, AND TEST) DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA

Melianti, Dwi Endah (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI S2RAT (SELECT, REVIEW, RETURN, ASSIGN, AND TEST) DALAM KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS VII SMP BOPKRI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Dwi Endah Melianti 10201244032.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan yang signifikan kemampuan membaca pemahaman antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi S2RAT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi S2RAT di SMP BOPKRI 3 Yogyakarta dan (2) menguji keefektifan strategi S2RAT pada pembelajaran membaca pemahaman siswa kelas VII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh siswa kelas VII C sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Data diperoleh dengan instrumen berupa tes membaca pemahaman. Butir soal yang digunakan untuk pretest dan posttest masing-masing berjumlah 30 soal. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan validitas butir. Validitas isi dicapai melalui expert judgement. Penghitungan validitas butir soal menggunakan bantuan komputer program Iteman. Reliabilitas instrumen dihitung dengan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum diadakan analisis data, lebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan homogenitas varian. Hasil analisis uji-t data posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan bahwa nilai sebesar 4,128 dengan df = 56, dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (5%). Nilai tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi S2RAT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi S2RAT di SMP BOPKRI 3 Yogyakarta. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kemampuan membaca pemahaman kelompok eksperimen diperoleh nilai sebesar -4.190, df = 28, dan p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (5%). Nilai tersebut menunjukkan bahwa strategi S2RAT efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman pada siswa kelas VII SMP BOPKRI 3 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi S2RAT, membaca pemahaman, siswa SMPBOPKRI 3 Yogyakarta
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:28
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18371

Actions (login required)

View Item View Item