Artati, Devi (2014) KEEFEKTIFAN TEKNIK DICTOGLOS PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Devi Artati 10201244039.pdf Download (10MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) membuktikan ada atau tidaknya perbedaan kemampuan menulis teks berita antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik dictoglos dan siswa yang tidak mengikuti pembelajaran menggunakan teknik dictoglos pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta, (2) membuktikan keefektifan teknik dictoglos dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest posttest control group. Variabel dalam penelitan ini ada dua yaitu variabel bebas berupa penggunaan teknik dictoglos dan variabel terikat berupa keterampilan menulis teks berita. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Depok Sleman. Penentuan sampel menggunakan teknik Cluster Sampel Random. Berdasarkan teknik tersebut diperoleh kelas VIII B sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Uji homogenitas menunjukkan bahwa varian data dalam penelitian ini sudah homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan rumus uji-t sampel berhubungan dan sampel bebas pada taraf signifikansi 5%. Hasil perhitungan uji-t yang dilakukan pada skor posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan thitung sebesar 8,338 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000 pada taraf signifikansi 5% dan Db 62. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan menulis teks berita siswa kelompok eksperimen yang mendapat perlakuan pembelajaran keterampilan menulis teks berita dengan menggunakan teknik dictoglos dan kelompok kontrol yang tidak mendapat perlakuan pembelajaran menulis teks berita menggunakan teknik dictoglos. Selanjutnya dilakukan uji-t pretest posttest kelompok kontrol dan eksperimen yang menunjukkan hasil thitung sebesar 4,985 lebih besar dari ttabel sebesar 2,042. Nilai Sig.(2 tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Hasil tersebut membuktikan bahwa penggunaan teknik dictoglos dalam pembelajaran menulis teks berita kelas VIII SMP Negeri 2 Depok lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran keterampilan menulis teks berita tanpa menggunakan teknik dictoglos.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keefektifan, teknik dictoglos, menulis teks berita |
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 08 May 2015 01:25 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 22:11 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18370 |
Actions (login required)
View Item |