KEEFEKTIFAN STRATEGI THREE LEVEL READING GUIDES DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA

Setyawati, Bekti (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI THREE LEVEL READING GUIDES DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA CERPEN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 16 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Bekti Setyawati 10201241066.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui adanya perbedaan kemampuan membaca cerpen yang signifikan antara siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan strategi three level reading guides dengan siswa yang mendapat pembelajaran membaca cerpen tanpa menggunakan strategi three level reading guides; (2) menguji keefektifan strategi three level reading guides dalam pembelajaran membaca cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta yang terdiri atas tujuh kelas yaitu kelas VII A, VII B, VII C, VII D, VII E, VII F, dan VII G. Berdasarkan teknik random sampling ditetapkan kelas VII B sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII D sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas konstruk. Validitas dan reliabilitas butir soal dihitung dengan bantuan komputer program Iteman. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16 menunjukkan data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 3,706; ttabel sebesar 1,990 (thitung > ttabel) dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 7,539; ttabel sebesar 2,031 (thitung > ttabel) dan p sebesar 0,000 (p < 0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan kemampuan membaca cerpen yang signifikan antara siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta yang mendapat pembelajaran membaca cerpen dengan menggunakan strategi three level reading guides dengan siswa yang mendapat pembelajaran membaca cerpen tanpa menggunakan strategi tersebut; (2) strategi three level reading guides efektif digunakan dalam pembelajaran membaca cerpen siswa kelas VII SMP Negeri 16 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi three level reading guides, membaca cerpen
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:19
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18367

Actions (login required)

View Item View Item