KEEFEKTIFAN STRATEGI CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEMPEL SLEMAN

Pratiwi, Arin (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI CIRCUIT LEARNING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS ARGUMENTASI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TEMPEL SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Arin Pratiwi 10201244076.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan kemampuan menulis karangan argumentasi antara kelompok siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi CL dengan kelompok siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi CL, dan (2) membuktikan keefektifan penggunaan strategi CL dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Control Group Pretest Postest Design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa strategi CL dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis argumentasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XA, XB, XC dengan jumlah 90 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan pengundian, siswa kelas XA SMA Negeri 1 Tempel ditetapkan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XC SMA Negeri 1 Tempel ditetapkan sebagai kelas kontrol. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Analisis data hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan bantuan program komputer SPSS seri 17.0. Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis argumentasi yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan strategi CL. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t postes keterampilan menulis argumentasi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang menunjukkan nilai t hitung sebesar 4,756 pada signifikansi p sebesar 0,00 (p < 0,05), nilai t hitung 4,756 lebih besar dari t tabel 2,011 dan (2) strategi CL efektif digunakan dalam pembelajaran menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tempel. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan uji-t pretes dan postes keterampilan menulis argumentasi kelompok eksperimen yang menunjukkan nilai t hitung 5,381 pada signifikansi p sebesar 0,000 (p < 0,05), nilai t hitung 5,381 lebih besar dari t tabel 2,011.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi CL, menulis argumentasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:16
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18366

Actions (login required)

View Item View Item