KEEFEKTIFAN PENDEKATAN TRANS SECTOR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Imam, Annisa Uswah Al (2014) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN TRANS SECTOR DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Annisa Uswah Al Imam 10201241064.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan keterampilan menulis deskripsi yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan trans sector dan siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta yang yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan trans sector; (2) menguji keefektifan pendekatan trans sector dalam pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta. Pendekatan trans sector digunakan dalam pembelajaran menulis dekripsi pada siswa karena pendekatan ini dapat mengumpulkan informasi dan membangkitkan rasa ingin tahu mengenai objek yang diamati. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta. Berdasarkan teknik random sampling, ditetapkan kelas X-4 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-6 sebagai kelompok kontrol. Data dikumpulkan menggunakan tes berupa prates dan pascates. Validitas instrumen berupa validitas isi dan validitas konstruk. Validitas instrumen diperoleh melalui expert judgement. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian dilakukan dengan bantuan komputer program SPSS 16.0 menunjukkan data prates dan pascates berdistribusi normal serta homogen. Analisis uji-t data pascates kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai sebesar 15,682 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Hasil analisis uji-t data prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai sebesar 18,228 dan p sebesar 0,000 (p<0,05). Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah: (1) ada perbedaan keterampilan menulis deskripsi yang signifikan antara siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran menggunakan pendekatan trans sector dan siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan pendekatan trans sector; (2) pendekatan trans sector efektif digunakan dalam pembelajaran menulis deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan trans sector, menulis deskripsi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:10
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18364

Actions (login required)

View Item View Item