PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA DI AKADEMI MARITIM YOGYAKARTA

Susilaningtyas, Anggarini Oktavian (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH UMUM BAHASA INDONESIA DI AKADEMI MARITIM YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Anggarini Oktavian S 08201244063.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses perkuliahan mata kuliah umum bahasa Indonesia, mendeskripsikan hambatan yang dihadapi tenaga pengajar dalam pembelajaran mata kuliah umum Bahasa Indonesia, mendeskripsikan usaha-usaha tenaga pengajar untuk mengatasi hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pembelajaran atau kuliah Bahasa Indonesia di Akademi Maritim Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini mendeskripsikan antara subjek yaitu tenaga pengajar di perguruan tinggi Akademi Maritim Yogyakarta dengan objek yaitu proses pembelajaran mata kuliah bahasa Indonesia. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif karena data yang disajikan adalah berhubungan dengan mendeskripsikan hal yang terjadi pada pelaksanaan perkuliahan yang berlangsung. Setting yang dalam penelitian ini adalah kelas pembelajaran bahasa Indonesia di jurusan Teknik, dan Nautika. Data diperoleh dengan menggunakan pengamatan, wawancara, analisis dokumen. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2013-Januari 2014 agar data yang didapatkan lebih menyeluruh dan lengkap. Hasil penelitian menunjukan mata kuliah bahasa Indonesia di Akademi Maritim Yogyakarta adalah mata kuliah yang wajib diikuti mahasiswa pada Program D3. Pelaksanaan perkuliahan berjalan sesuai dengan tujuan pada Rencana Program Kegiatan Pembelajaran. Proses pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan melalui beberapa hambatan dan upaya dosen untuk mengatasi hambatan tersebut. Hambatan yang terjadi pada proses perkuliahan bahasa Indonesia dijumpai oleh dosen adalah 1) mahasiswa merasa mata kuliah umum ini tidak terlalu penting, 2) waktu yang terbatas, 3) pada kelas besar Teknik dan Nautika, 4) mahasiswa yang mengantuk, 5) mahasiswa yang pasif, 6) perkuliahan cenderung tegang, dan 7) lab bahasa kurang maksimal. Dosen mengahadapi hambatan proses pelaksanaan perkuliahan dengan upaya sebagai berikut, 1) dosen sebagai motivator dan informator, 2) dosen mengorganisasikan waktu secara maksimal, 3) dosen memberikan metode cerama, diskusi, pelatihan, dan kuis, 4) dosen memberikan metode presentasi dan pelatihan, 5) dosen memberikan metode ceramah, dan kuis, 6) dosen sebagai konselor dan memberikan pendekatan pada mahasiswa, 7) dosen memaksimalkan media cetak yang tepat sebagai pengganti laboraturium bahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran mata kuliah
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 08 May 2015 01:07
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18363

Actions (login required)

View Item View Item