Estimasi Kesalahan baku Pengukuran Soal-Soal UAS Mata Pelajaran Fisika Kelas XII SMA di Kabupaten Bima, Provinsi NTB

Ramadhan, Syahrul (2015) Estimasi Kesalahan baku Pengukuran Soal-Soal UAS Mata Pelajaran Fisika Kelas XII SMA di Kabupaten Bima, Provinsi NTB. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-syahrul ramadhan-13701251001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Mengetahui karakteristik soal-soal UAS mata pelajaran Fisika kelas XII SMA tahun ajaran 2014/2015; (2) Mengestimasi kesalahan pengukuran soal-soal UAS Mata Pelajaran Fisika SMA yang dirancang oleh guru SMAN 1, SMAN 2, SMAN 3, MAN, SMA PGRI, SMA Muhammadiah; dan (3) Menentukan metode yang akurat dalam mengestimasi kesalahan baku pengukuran. Analisis data didasarkan pada respon peserta didik terhadap perangkat tes UAS Mata Pelajaran Fisika kelas XII tahun ajaran 2014/2015. Sumber data berupa lembar jawaban dari 215 siswa SMAN 1Sape, 101 dari SMAN 2 Sape, 65 dari SMAN 3 Sape, 80 dari MAN Sape, 119 dari SMA Muhammadiah Sape dan 57 dari SMA PGRI Sape. Analisis butir soal enam perangkat tes tersebut dilakukan dengan Metode Feldt, Metode Compound Binomial, Metode Analisis Varians, dan Metode Teori Respons Butir. Analisis karakteristik dengan menggunakan program Iteman diketahui bahwa indeks reliabilitas perangkat tes SMAN 1, SMAN 2 dan SMAN 3 kurang dari 0,7. Sedangkan indeks reliabilitas perangkat tes MAN, SMA Muhamadiah dan SMA PGRI lebih besar dari 0,7. Hasil analisis estimasi kesalahan baku pengukuran berdasarkan Metode Feldt terkecil terdapat pada perangkat tes SMAN 2 Sape, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes SMA PGRI Sape. Berdasarkan Metode Compound Binomial, nilai estimasi kesalahan baku pengukuran terkecil terdapat pada perangkat tes SMAN 1 Sape, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes MAN Sape. Berdasarkan Metode Analisis Varians, nilai estimasi kesalahan baku pengukuran terkecil terdapat pada perangkat tes SMAN 2 Sape, sedangkan nilai terbesar terdapat pada perangkat tes SMAN 1 Sape. Berdasarkan Metode Teori Respons Butir, nilai estimasi kesalahan baku pegukuran terkecil terdapat pada Model Logistik 2-Parameter pada perangkat tes SMAN 3 Sape, yaitu pada θ=0,6 dengan nilai sebesar 0,396, sedangkan nilai estimasi terbesar terdapat pada Model Logistik 1-Parameter pada perangkat tes MAN Sape, yaitu pada θ=-3 dengan nilai sebesar 5,10.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: estimasi, kesalahan pengukuran, perangkat tes
Subjects: Pendidikan > Teori dan Praktek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 23 Jun 2022 07:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18361

Actions (login required)

View Item View Item