Kualitas Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika Program IPA di SMA Swasta Yayasan Katolik Kota Yogyakarta dan Kontribusinya terhadap Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013

Setiawan, C. heri (2015) Kualitas Soal Ujian Sekolah Mata Pelajaran Matematika Program IPA di SMA Swasta Yayasan Katolik Kota Yogyakarta dan Kontribusinya terhadap Hasil Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2012/2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-cornelius-heri-sulistiawan-12701251017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas soal Ujian Sekolah mata pelajaran Matematika program IPA di SMA Swasta Yayasan Katolik Kota Yogyakarta dan kontribusi skor Ujian Sekolah terhadap nilai Ujian Nasional pada tahun pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini deskriptif eksploratif dengan pendekatan survei. Populasi dalam penelitian ini adalah enam SMA Swasta Yayasan Katolik di Kota Yogyakarta. Sampel diambil secara purposive sampling yakni lima SMA yang representatif dalam menggambarkan ciri populasi. Data berupa soal Ujian Sekolah beserta jawaban seluruh siswa terhadap butir soal pilihan ganda mata pelajaran Matematika program IPA pada Ujian Sekolah dan nilai Ujian Nasional dari siswa tersebut. Naskah soal ditelaah oleh tiga orang ahli untuk analisis kualitas soal secara kualitatif. Jawaban siswa dianalisis secara Teori Tes Klasik program ITEMAN versi 3.00 dan secara Teori Respons Butir program BILOG-MG versi 3.00 model logistik dua parameter butir untuk mengetahui kualitas soal secara kuantitatif. Skor Ujian Sekolah dikorelasikan terhadap nilai Ujian Nasional untuk mengukur kontribusinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kualitas soal Ujian Sekolah secara kualitatif adalah sangat baik (satu SMA), baik (dua SMA), cukup baik (satu SMA), dan kurang baik (satu SMA). (2) Secara kuantitatif menurut Teori Tes Klasik adalah cukup baik (satu SMA), kurang baik (tiga SMA), dan tidak baik (satu SMA). Reliabilitas Alpha termasuk reliabel, untuk masing-masing sekolah yakni 0,753, 0,744, 0,811, 0,645, dan 0,747. (3) Secara kuantitatif menurut Teori Respons Butir adalah baik (tiga SMA), cukup baik (satu SMA), dan kurang baik (satu SMA). (4) Indeks konsistensi analisis butir soal masing-masing sekolah sebesar 0,811, 0,691, 0,515, 0,563, dan 0,478 yang berarti bahwa hasil menurut Teori Tes Klasik dan Teori Respons Butir cukup konsisten. (5) Korelasi skor Ujian Sekolah terhadap nilai Ujian Nasional termasuk dalam kategori besar, dimana masing-masing sekolah sebesar 0,656, 0,664, 0,802, 0,665, dan 0,582. (6) Ditinjau dari validitas isi, 100% butir soal valid (empat SMA) dan 90,6% butir soal valid (satu SMA). Ditinjau dari validitas kriteria, skor Ujian Sekolah valid/akurat dalam memprediksi hasil Ujian Nasional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kualitas soal, ujian sekolah, matematika, ujian nasional
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Penelitian dan Evaluasi Pendidikan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 23 Jun 2022 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18359

Actions (login required)

View Item View Item