PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS CHEMOENTREPRENEURSHIP LIFE SKILLS UNTUK SMA/MA KELAS X BERDASARKAN STANDAR ISI MATA PELAJARAN KIMIA

KARTIKASARI, DEWI (2011) PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS CHEMOENTREPRENEURSHIP LIFE SKILLS UNTUK SMA/MA KELAS X BERDASARKAN STANDAR ISI MATA PELAJARAN KIMIA. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PENGEMBANGAN BUKU PETUNJUK PRAKTIKUM KIMIA BERBASIS CHEMOENTREPRENEURSHIP LIFE SKILLS UNTUK SMA.docx

Download (13kB)

Abstract

Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangandalambidangpendidikankimia.Tujuanpenelitianiniadalahmengembangkanbukupetunjukpraktikumkimiaberbasischemoentrepreneurship life skillsuntuk SMA/MA kelas X berdasarkan standard isimatapelajarankimiadanmengetahuikualitasdaribukupetunjukpraktikumkimiatersebutberdasarkanpenilaianlima orang guru kimia SMA/MA. Model pengembangan yang digunakanadalah model prosedural, yaitu model yang bersifatdeskriptif yangmenggariskanlangkah-langkah yang harusdiikutiuntukmenghasilkanproduk.Produk awal ditinjau dan diberi masukan oleh dosen pembimbing,peer reviewer, ahli mediadanahlimateri, dan selanjutnya direvisi. Produk revisi dinilai dan diberi masukan oleh lima orang guru kimia SMA/MAdi wilayah propinsi Daerah Istimewa YogyakartadanJawa Tengah, dengan menggunakan instrumen penilaianbukupetunukpraktikumkimiaberbasischemoentrepreneurship life skills. Instrumen penilaian bukupetunjukpraktikumkimiaberbasischemoentrepreneurship life skills berisi 4 aspek penilaian dan terdiri atas 43indikator penilaian. Hasil penilaian yang berupa skor kemudian ditabulasi dan dianalisis dengan pedoman kriteria kategori penilaian ideal untuk menentukan kualitas bukupetunjukpraktikumkimiaberbasischemoentrepreneurship life skills. Hasilpenelitianpengembanganiniadalahbukupetunjukpraktikumkimiaberbasischemoentrepreneurship life skillsuntuk SMA/MAkelas X berdasarkanstandarisimatapelajarankimia.Media pembelajaran yang dikembangkaninimemperolehskor rata-rata 184,2 yang hasilnyalebihbesardaripadaskoridealnyayaitu 180,6. Berdasarkanpenilaianskor ideal, bukupetunjukpraktikumkimiainimempunyaikategorikualitassangatbaik (SB), sehingga media inidapat digunakan sebagai bukupetunjukpraktikumkimiauntukpesertadidik SMA/MA kelas X.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 May 2015 05:40
Last Modified: 29 Jan 2019 22:11
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18357

Actions (login required)

View Item View Item