PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP KEMAMPUAN ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU BAGASSE PADA ION LOGAM KADMIUM (II)

Meilina, Nina (2010) PENGARUH PENAMBAHAN MERKAPTOBENZOTIAZOL (MBT) TERHADAP KEMAMPUAN ADSORPSI SILIKA GEL DARI ABU BAGASSE PADA ION LOGAM KADMIUM (II). S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img]
Preview
Text
NINA MEILINA_06307141014.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter gugus fungsi silika gel setelah penambahan merkaptobenzotiazol (MBT), mengetahui pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol (MBT) pada efektifitas adsorbsi silika gel terhadap Cd(II), dan mengetahui pengaruh konsentrasi merkaptobenzotiazol (MBT) pada efektifitas adsorbsi silika gel terhadap Cd(II). Subjek dari penelitian ini adalah pengaruh penambahan merkaptobenzotiazol pada sintesis silika gel dari abu bagasse terhadap kemampuan adsorpsi. Objek dari penelitian ini adalah kemampuan adsorpsi silika gel dari abu bagasse terhadap ion logam Cd(II). Proses penelitian ini dilakukan melalui beberapa tahap, yaitu pembuatan natrium silikat, pembentukkan silika gel dan adsorpsi terhadap Cd(II). Untuk mengetahui seberapa banyak Cd(II) teradsorpsi dengan menggunakan SSA dan untuk mengidentifikasi gugus silanol, siloksan, SH dari MBT, dan gugus-gugus lain yang terikat pada silika gel digunakan spektrofotometer infra-merah (FTIR) Karakter gugus fungsi silika gel setelah penambahan merkaptobenzotiazol (MBT) dengan spektrofotometri inframerah menunjukkan kemiripan dengan kiesel gel-60G dan berbeda pada serapan gugus –SH pada bilangan gelombang 2684,91 cm -1. Efektifitas adsorpsi silika gel terhadap Cd(II) dipengaruhi oleh penambahan merkaptobenzotiazol. Semakin besar konsentrasi merkaptobenzotiazol maka semakin besar efektifitas adsorpsi silika gel terhadap ion logam Cd(II). Kata kunci: Merkaptobenzotiazol; adsorpsi silika gel; Abu bagasse; ion kadmium

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 May 2015 04:55
Last Modified: 29 Jan 2019 22:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18354

Actions (login required)

View Item View Item