KEEFEKTIFAN STRATEGI REKONSTRUKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRETEK BANTUL

Wahyuningsih, Yeni (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI REKONSTRUKTIF DALAM PEMBELAJARAN BERCERITA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 KRETEK BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yeni Wahyuningsih 10201244065.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan keterampilan bercerita pengalaman yang mengesankan antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kretek yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi rekonstruktif dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi rekonstruktif. Strategi rekonstruktif digunakan untuk menguji keefektifan dalam pembelajaran bercerita pengalaman yang mengesankan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kretek. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kretek. Penentuan kelompok kontrol dan eksperimen dilakukan dengan teknik random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh siswa kelas VII B sebagai kelompok kontrol dan siswa kelas VII E sebagai kelompok eksperimen. Data diperoleh dengan bercerita pengalaman yang mengesankan dalam tahap pretest dan posttest. Validitas yang digunakan adalah validitas isi Validitas isi dicapai melalui expert judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Analisis data digunakan untuk menguji persyaratan analisis yang berupa uji normalitas sebaran data dan homogenitas varian. Dari hasil tersebut terbukti bahwa skor pretest dan posttest kedua kelompok normal dan homogen. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari perbedaan skor rata-rata pretest ke posttest yang signifikan pada kelompok eksperimen sebesar 4,5 sedangkan skor rata-rata pretest ke posttest kelompok kontrol mengalami kenaikan yang sedikit 0,29. Hasil uji-t skor pretest kelompok eksperimen tidak berbeda secara signifikan, diperoleh nilai t hitung sebesar 1,297; p= 2.01(2.01>0,05), dengan nilai t hitung pretest dan posttest sebesar 18,132; p=0,000 (0,000<0,05 = signifikan). Kesimpulan penelitian ini adalah (1) ada perbedaan yang signifikan antara siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kretek Bantul yang mendapatkan pembelajaran menggunakan strategi rekonstruktif dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran tanpa menggunakan strategi rekonstruktif (2) Penggunaan strategi rekonstruktif efektif dalam pembelajaran bercerita pengalaman yang mengesankan siswa kelas VII SMP Negeri 1 Kretek Bantul.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keefektifan, Strategi Rekonstruktif, Keterampilan Bercerita
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 04:16
Last Modified: 29 Jan 2019 22:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18350

Actions (login required)

View Item View Item