KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI

Prihantari, Welly Desi (2014) KEEFEKTIFAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, DAN INTELEKTUAL) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Welly Desi Prihantari 10201241040.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis kreatif puisi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan pendekatan SAVI dan siswa yang mendapat pembelajaran menulis kreatif puisi tanpa menggunakan pendekatan SAVI; (2) menguji keefektifan pendekatan SAVI dalam pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buluspesantren, Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah pretest posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buluspesantren, Kebumen. Berdasarkan teknik cluster random sampling, ditetapkan kelas VIII F sebagai kelas kontrol dan kelas VIII E sebagai kelas eksperimen. Data dikumpulkan menggunakan tes, yaitu berupa pretest dan posttest. Validitas instrumen yang digunakan berupa validitas isi. Validitas dan reliabilitas dihitung menggunakan program komputer SPSS 16.00. Teknik analisis data menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian yang dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS 16.00 menunjukkan bahwa data pretest dan posttest berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar 14,182 dengan db 62 pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh thitung sebesar 15,763 dengan db 31 pada taraf signifikansi 5%. Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis tersebut adalah (1) terdapat perbedaan kemampuan menulis kreatif puisi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menulis kreatif puisi menggunakan pendekatan SAVI dan siswa yang mendapat pembelajaran menulis kreatif puisi tanpa menggunakan pendekatan SAVI; (2) pendekatan SAVI efektif digunakan dalam pembelajaran menulis kreatif puisi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Buluspesantren, Kebumen.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis kreatif puisi, pendekatan SAVI, siswa SMP kelas VIII
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 04:12
Last Modified: 29 Jan 2019 22:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18348

Actions (login required)

View Item View Item