KEEFEKTIFAN STRATEGI COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI SMAN 1 RONGKOP GUNUNGKIDUL

Susanti, Vita Indriana (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI COLLABORATIVE LEARNING TERHADAP PEMBELAJARAN BERMAIN DRAMA SISWA KELAS XI SMAN 1 RONGKOP GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Vita Indriana Susanti 10201244063.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: (1) perbedaan kemampuan bermain drama siswa SMAN 1 Rongkop, Gunungkidul yang mengikuti pembelajaran dengan strategi collaborative learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi collaborative learning; (2) keefektifan strategi collaborative learning dalam pembelajaran bermain drama siswa kelas XI SMAN 1 Rongkop, Gunungkidul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah “Pretes and Postes Group”. Variabel penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi collaborative learning dan variabel terikat berupa kemampuan bermain drama. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1, XI IPS 1, XI IPS 2 dengan jumlah 61 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Berdasarkan hasil undian ditetapkan kelas XI IPS 1 dengan jumlah siswa 20 sebagai kelompok kontrol, dan XI IPS 2 dengan jumlah siswa 21 sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yaitu tes praktik bermain drama. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas data penelitian ini homogen. Hasil penghitungan uji-t skor postes kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menunjukkan th lebih besar daripada tt (12,466>2,021) pada taraf signifikansi 5% dengan db 39. Hal ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan kemampuan bermain drama siswa kelas XI SMAN 1 Rongkop, Gunungkidul yang mengikuti pembelajaran dengan strategi collaborative learning dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi collaborative learning. Hasil penghitungan uji-t pretes postes kelompok eksperimen menunjukkan th lebih besar daripada tt (74,936>2,000) dengan db 41 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran bermain drama siswa kelas XI SMAN 1 Rongkop, Gunungkidul dengan strategi collaborative learning efektif daripada pembelajaran bermain drama tanpa menggunakan strategi collaborative learning.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran bermain drama, strategi collaborative learning, siswa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 04:08
Last Modified: 29 Jan 2019 22:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18345

Actions (login required)

View Item View Item