KEEFEKTIFAN TEKNIK KEPALA BERNOMOR DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP 2 BANTUL

Selwasari, Sakinta Diska (2014) KEEFEKTIFAN TEKNIK KEPALA BERNOMOR DALAM PEMBELAJARAN DISKUSI PADA SISWA KELAS VIII SMP 2 BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Sakinta Diska Selwasari 10201241051.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan diskusi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik kepala bernomor dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik kepala bernomor, (2) menguji keefektifan teknik kepala bernomor dalam pembelajaran diskusi pada siswa kelas VIII SMP 2 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, yaitu eksperimen semu dengan desain control group pre-test post-test design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa teknik kepala bernomor dan variabel terikat berupa keterampilan diskusi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 2 Bantul sebanyak 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII E sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, yaitu berupa tes keterampilan diskusi. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Penghitungan data dengan menggunakan teknik statistik uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagai berikut. (1) Terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan diskusi antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan teknik kepala bernomor dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan teknik kepala bernomor. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil perhitungan uji-t data posttest kelompok kontrol dan kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (th = 2,863 > tt = 2,013) dan nilai p (0,006) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (5%) dengan db 46. (2) Teknik kepala bernomor terbukti efektif digunakan dalam pembelajaran diskusi pada siswa kelas VIII SMP 2 Bantul. Keefektifan tersebut dilihat dari hasil penghitungan uji-t data pretest dan posttest kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabel (th = 17,723 > tt = 2,069) dan nilai p (0,000) lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (5%) dengan db 23.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, teknik kepala bernomor, pembelajaran diskusi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 04:04
Last Modified: 29 Jan 2019 22:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18344

Actions (login required)

View Item View Item