PERBANDINGAN PENERAPAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN NUMBER ONE QUIZ TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011

ANINGTIYASIH, YUNI (2011) PERBANDINGAN PENERAPAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DAN NUMBER ONE QUIZ TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK KELAS X SEMESTER 2 SMA KOLOMBO YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2010/2011. S1 thesis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

[img] Text
PERBANDINGAN PENERAPAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN.doc

Download (53kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (a) ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode mind mapping, (b) ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan metode NOQ, (c) ada tidaknya perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan metode mind mapping dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan metode NOQ, dan (d) ada tidaknya perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan metode mind mapping dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan metode NOQ, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain (a) dua faktor, dua sampel dan satu kovariabel, (b) satu faktor dengan pengamatan ulang. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X semester 2 SMA Kolombo Yogyakarta yang berjumlah 89 peserta didik dan dibagi ke dalam 3 kelas. Sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas Mind Mapping dan kelas NOQ. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis kovarian (anakova), uji-t sama subjek dan uji- t beda subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (a) ada perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran kimia dengan menggunakan metode mind mapping, (b) ada perbedaan motivasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode NOQ, (c) tidak ada perbedaan motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan metode mind mapping dan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan metode NOQ, dan (d) ada perbedaan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan metode mind mapping dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran kimia dengan metode NOQ, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Jurusan Pendidikan Kimia > Pendidikan Kimia
Depositing User: Admin Kimia FMIPA
Date Deposited: 07 May 2015 04:03
Last Modified: 29 Jan 2019 22:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18343

Actions (login required)

View Item View Item