KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I GAMPING SLEMAN

Cahyati, Nanny (2014) KEEFEKTIFAN STRATEGI PEMBELAJARAN RAFT (ROLE, AUDIENCE, FORMAT, TOPIC) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI SUGESTIF PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI I GAMPING SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Nanny Cahyati 10201244035.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menguji apakah terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran RAFT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi pembelajaran RAFT; (2) menguji keefektifan strategi pembelajaran RAFT dalam pembelajaran menulis narasi sugestif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini menggunakan rancangan control group pre-test post-test design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas berupa strategi pembelajaran RAFT dan variabel terikat berupa keterampilan menulis narasi sugestif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping. Sampel diambil dengan teknik random sampling, ditetapkan kelas X A sebagai kelompok eksperimen dan kelas X C sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, yaitu berupa tes menulis narasi sugestif. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan dikonsultasikan kepada ahlinya (expert judgement). Analisis data dengan menggunakan teknik statistik uji-t dengan taraf signifikasi 5%. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat data yang berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat perbedaan keterampilan menulis narasi sugestif yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran RAFT dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi pembelajaran RAFT; (2) strategi pembelajaran RAFT efektif digunakan dalam pembelajaran menulis narasi sugestif. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan uji-t data pascates kelompok eksperimen dan kelompok kontrol diperoleh nilai thitung sebesar 4.401 dengan df 57 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05). Hasil penghitungan uji-t data prates dan pascates kelompok eksperimen diperoleh nilai thitung sebesar -5.479 dengan df 29 dan nilai p sebesar 0,000 (p < 0,05). Nilai rata-rata kelompok eksperimen mengalami peningkatan sebesar 4.23, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol mengalami penurunan sebesar 1.86.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, strategi pembelajaran RAFT, menulis narasi sugestif
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS
Date Deposited: 07 May 2015 04:01
Last Modified: 29 Jan 2019 22:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18342

Actions (login required)

View Item View Item