Pengembangan Instrumen Portfolio Authentic Assessment Pada Pembelajaran IPA SMP di Kabupaten Kulon Progo

Sariningsih, Sariningsih (2015) Pengembangan Instrumen Portfolio Authentic Assessment Pada Pembelajaran IPA SMP di Kabupaten Kulon Progo. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sariningsih-12708251081.swf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan langkah-langkah pengembangan instrumen portfolio authentic assessment, mengetahui kualitas produk instrumen portfolio authentic assessment dalam pembelajaran IPA di SMP, serta mengetahui keefektifan instrumen portfolio authentic assessment dalam mengembangkan kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan model Dick & Carey yang dimodifikasi menjadi empat tahapan yaitu tahap studi pendahuluan, tahap perencanaan, tahap pengembangan, dan tahap uji coba produk. Produk instrumen portfolio authentic assessment dilakukan validasi isi secara expert judgment dan validasi secara empiris. Validasi secara expert judgment dilakukan oleh dosen ahli, teman sejawat, dan guru SMP. Validasi secara empiris dilakukan di 5 SMP di Kabupaten Kulon Progo. Uji coba skala terbatas melibatkan 32 peserta didik, sedangkan uji coba skala luas melibatkan 153 peserta didik dari 5 sekolah, yaitu SMP N 1 Nanggulan, SMP N 2 Nanggulan, SMP N 1 Sentolo, SMP N 1 Pengasih, dan SMP N 1 Girimulyo. Berdasarkan uji coba skala luas diperoleh person reliability, item reliability, dan alpha cronbach pada soal pilihan ganda masing-masing adalah 0,84; 0,98; dan 0,85 dengan kategori bagus, istimewa, dan bagus sekali. Hasil penelitian berdasarkan validasi secara expert judgment dan validasi secara empiris menunjukkan bahwa produk instrumen portfolio authentic assessment memiliki kriteria valid dan reliabel. Berdasarkan hasil uji coba, instrumen portfolio authentic assessment efektif digunakan dalam pembelajaran IPA untuk mengembangkan berpikir kreatif dan hasil belajar peserta didik di SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: portofolio, authentic assessment, berpikir kreatif, hasil belajar
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18334

Actions (login required)

View Item View Item