Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Scientific Attitude dan Keterampilan Pemecahan Masalah

Rahayu, Rina (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Scientific Attitude dan Keterampilan Pemecahan Masalah. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-rina-rahayu-13708251081.swf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kelayakan perangkat pembelajaran IPA berbasis problem based learning dalam pembelajaran IPA di SMP dan (2) perbedaan keterampilan memecahkan masalah dan scientific attitude antara pembelajaran yang menggunakan perangkat berbasis problem based learning dengan pembelajaran menggunakan perangkat konvensional. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang dikembangkan oleh Borg & Gall. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sleman, D. I. Yogyakarta pada Kelas VII semester dua Tahun ajaran 2014/2015. Sampel yang digunakan pada uji coba terbatas 1 kelas dan uji coba lapangan 2 kelas dengan menggunakan teknik simple random sampling. Kelas VIIF sebagai kelas perlakuan yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis problem based learning. Kelas VIIG sebagai kelas kontrol yang menggunakan perangkat pembelajaran konvensional. Perangkat pembelajaran di uji secara empiris di lapangan dan berdasarkan experts judgment. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik observasi, angket, dan tes. Teknik observasi dan angket digunakan untuk mengetahui kemampuan scientific attitude peserta didik. Tes digunakan untuk mengetahui keterampilan pemecahan masalah peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat (MANOVA), paired sample t-test, dan Man-Whitney U karena data tidak homogen dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan sudah layak digunakan berdasarkan pada hasil validasi ahli, uji coba terbatas, uji coba lapangan yang sesuai dengan problem based learning, sehingga telah teruji secara teoritis dan empiris dan (2) terdapat perbedaan nilai keterampilan memecahkan masalah dan scientific attitude antara pembelajaran yang menggunakan perangkat berbasis problem based learning dengan pembelajaran menggunakan perangkat konvensional.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, problem based learning, keterampilan pemecahan masalah, scientific attitude
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 08 May 2015 06:18
Last Modified: 09 May 2019 02:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/18331

Actions (login required)

View Item View Item